Inilah Sejarah Ringkas Tragedi Pertumpahan Darah Sesama Umat Islam pada Generasi Sahabat

- 13 Juli 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi Tragedi Karbala
Ilustrasi Tragedi Karbala /public domain/

BERITA BANTUL - Dalam sejarah umat manusia, peristiwa berdarah banyak mengambil bagian dari porsi sejarah perjalanan umat manusia dari masa ke masa.

Perang antarkelompok, pertempuran dalam perebutan kekuasaan, invasi bangsa-bangsa barbar, penaklukan dalam misi kekuasaan, perang antarpemeluk agama, dan lain sebagainya, menjadi peristiwa yang banyak ditulis dalam buku-buku sejarah.

Peristiwa berdarah tersebut memang telah menjadi jalan sejarah panjang umat manusia. Dengan begitu, benarlah apa yang pernah dipertanyakan oleh para malaikat ketika Allah hendak menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi ini.

Para malaikat mempertanyakan kehendak Allah dan menegaskan bahwa manusia merupakan kaum yang gemar merusak dan menumpahkan darah.

Baca Juga: Mimpi Sayyidina Husain dan Keberanian Ali Al Akbar Menghadapi Ribuan Tentara Yazid Seorang Diri

Dalam sejarah umat Islam, pertumpahan darah pun kerap terjadi. Jika kita menilik sejarah, bangsa Arab yang merupakan titik awal Islam lahir, tumbuh, dan berkembang, merupakan bangsa yang sering terlibat perang antarsuku.

Ketika Islam didakwahkan oleh Rasulullah Muhammad saw. di Arab pun terjadi beberapa kali pertumpahan darah. Kita bisa membaca buku-buku sejarah yang menguraikan betapa umat Islam yang masih sedikit itu mendapatkan perlakuan barbar.

Baru setelah peristiwa hijrah, umat Islam menguat dan harus menghadapi beberapa peristiwa berdarah untuk bertahan hingga peristiwa fath Makkah menegaskan kekuatan umat Islam.

Sepeninggalan Rasulullah saw., persatuan umat Islam terancam. Pada masa akhir kepemerintahan Utsman bin Affan, pertumpahan darah yang mengerikan pun terjadi.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x