Benarkah Abu Thalib Itu Kafir? Membaca Sejarah Ringkas Islam dari Sisi Abu Thalib dan Abu Sufyan

- 14 Juli 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi Perang Sifin
Ilustrasi Perang Sifin /Public Domain/

BERITA BANTUL - Kita pasti tahu siapa itu Abu Thalib. Ya, dialah paman dari Rasulullah saw. Dengan kata lain, dia adalah saudara dari ayah Rasulullah saw., Abdullah.

Dialah yang bertanggung jawab untuk mengasuh Rasulullah saw. ketika masih belia setelah sang kakek, Abdul Muthalib, wafat.

Karena jasanya ini, Rasulullah merasa berutang budi sehingga ketika kehidupan beliau sudah mapan bersama Khadijah, beliau berniat membalas jasa sang paman dengan mengasuh salah satu putranya, yakni Ali bin Abi Thalib.

Abu Thalib berasal dari salah satu turunan subklan Quraisy, yakni Bani Hasyim.

Baca Juga: Inilah Sejarah Ringkas Tragedi Pertumpahan Darah Sesama Umat Islam pada Generasi Sahabat

Quraisy, atau Fihr, namanya dinisbatkan menjadi salah satu suku di Arab yang mempunyai tujuh klan; Bani Abduddar, Bani Abdu Manaf, Bani Makhzum, Bani Zuhrah, Bani Taim, Bani ‘Adi, dan Bani Asad. Bani Hasyim merupakan turunan dari Bani Abdu Manaf.

Abu Thalib adalah paman yang sangat membela dan melindungi Rasulullah saw. ketika berdakwah.

Rasa kasihnya kepada Rasulullah saw. seperti kasih seorang ayah kepada anaknya. Dialah ayah kedua bagi Rasulullah saw., dan istrinya, Fatimah, ibarat ibu bagi Rasulullah saw.

Ketika Rasulullah saw. diperintahkan untuk berdakwah kepada masyarakat, para elite Quraisy sangat menentang beliau. Hanya saja, Abu Thalib tetap membela Rasulullah saw.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x