Tak Ingin Ada Pertumpahan Darah, Sayyidina Hasan Rela Mundur dari Khalifah

- 19 Juli 2022, 14:00 WIB
Kecerdasan Muawiyah dan Kebijaksanaan Sayyidina Hasan Cucu Rasulullah
Kecerdasan Muawiyah dan Kebijaksanaan Sayyidina Hasan Cucu Rasulullah /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Sayydina Hasan dan Sayyidina Husein adalah cucu Nabi Muhammad dari Sayyidah Fatimah dan Ali bin Abi Thalib.

Rasulullah Saw sangat mencintai kedua cucunya tersebut, bahkan kedua cucunya tersebut dianggap sebagai anak dari Nabi Muhammad Saw.

Namun kisah kedua cucu mulia Rasulullah tersebut sangat menyesakkan dada, Sayyidina Husein gugur di Karbala bersama keluarga dan rombongannya.

Baca Juga: Rahasia Imam Ali Menikahi Fatimah Putri Rasulullah, Ternyata Sinyal Langit Sangat Kuat

Berikut ini adalah kisah dari Sayyidina Hasan putra Sayyidah Fatimah dan Sayyidina Ali bin Abi Thalib, Sayyidina Hasan dilahirkan pada bulan Ramadhan tahun 3 H (624 M).

Awal pemberian nama beliau dengan ditahnik (memasukkan kurma yang dihaluskan ke dalam mulut) oleh Rasulullah dengan air liurnya dan diberi nama Hasan.

Rasulullah sangat mencintainya, saat masih kecil sering memeluknya dan bercanda dengannya.

Rasulullah pernah sujud dalam shalat, tiba-tiba Hasan datang dan menaiki punggungnya, selama Sayyidina Hasan di atas punggungnya, beliau tidak bangkit dari sujudnya.

Pada 17 Mei tahun 660, Sayyidina Hasan dibai’at sebagai Khalifah ke 5. Adalah Qais bin Sa’ad, panglima perang pasukan Ali bin Abi Thalib orang pertama yang memba’iat Hasan sebagai Khalifah, kemudian diikuti oleh penduduk Kufah (Iraq).

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x