Kisah Malaikat Jibril Mendatangi Nabi Muhammad Saw, Disaksikan Langsung Oleh Para Sahabat

- 14 Desember 2022, 08:00 WIB
Kisah Malaikat Jibril Mendatangi Nabi Muhammad Saw, Disaksikan Langsung Oleh Para Sahabat
Kisah Malaikat Jibril Mendatangi Nabi Muhammad Saw, Disaksikan Langsung Oleh Para Sahabat /Pixabay

HIKMAH - Berikut ini dalah kisah saat Nabi Muhammad SAW didatangi oleh malaikat Jibril yang menjelma sebagai seorang manusia.

Sebagaimana dikutip Beritabantul.com dari Kitab Irsyadul Ibad, Imam Muslim mengeluarkan riwayat, dari Sahabat Umar bin Khattab ra berkata, ketika kami berada di sisi Rasulullah SAW pada suatu hari,

Tiba-tiba muncullah di hadapan kami seseorang yang sangat putih pakaiannya, sangat hitam rambutnya, tidak terlihat bekas perjalanan padanya dan tiada satupun dari kami yang mengenalnya.

Baca Juga: Sombong Bagi Orang Alim Itu Perlu Berikut Penjelasan Gus Baha

Sampai orang itu duduk di samping Nabi SAW lalu menyandarkan kedua lututnya pada kedua lutut Nabi SAW, ia meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua pinggang Nabi SAW dan bertanya, "Wahai Muhammad, ceritakan padaku tentang islam !".

Rasulullah SAW pun menjawab, "Islam adalah apabila kamu bersaksi bahwa sesungguhnya tiada tuhan selain Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, berpuasa di Bulan Ramadhan, dan menunaikan haji di Baitullah (Ka'bah) jika kamu mampu pergi ke sana".

Orang itu pun menjawab, "Kamu benar". Perawi berkata, kami pun terheran-heran padanya, ia bertanya pada Nabi SAW dan membenarkannya.

Orang itu bertanya, "Ceritakan padaku tentang iman!".

Nabi SAW pun menjawab,"Iman adalah apabila kamu beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk [berasal dari Allah Yang Maha Luhur]".

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x