Gus Dur Jadi Presiden RI, Ternyata Tanda-Tandanya Dimulai dari Fakta Ini, Baru Terungkap

- 12 Desember 2022, 19:01 WIB
KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) jadi Presiden RI yang ke 4
KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) jadi Presiden RI yang ke 4 /facebook/adib/

TOKOH - Gus Dur Jadi Presiden RI, Ternyata Tanda-Tandanya Dimulai dari Fakta Ini, Baru Terungkap.

Saat Gus Dur terpilih sebagai Presiden RI yang ke 4, banyak analisis terkait fakta-fakta politik yang menjadi sebab terpilihnya Gus Dur sebagai pengganti BJ Habibie.

Tapi, sebenarnya sudah ada tanda-tanda khusus yang sudah lama, sejak tahun 1970-an terkait sosok Gus Dur yang akan jadi orang penting di Indonesia. 

Baca Juga: Ciri Khusus Tulisan dan Gagasan Gus Dur yang Unik dan Mengesankan

Tanda-tanda itu diungkap oleh Syu'bah Asa yang dituangkan dalam pengantar buku 'Melawan Melalui Lelucon: Kumpulan Kolom Abdurrahman Wahid di TEMPO'.

Menurut Syu'bah Asa, Gus Dur punya gagasan-gagasan besar yang menunjukkan ciri pribadinya sebagai sosok penting, apalagi ditopang jangkauan dan jaringan yang dimilikinya.

Disebutkan, termasuk dalam perhatian Gus Dur yang luas adalah kegemarannya pada perkembangan politik berbagai negara, lengkap dengan ideologi-ideologi.

Jangan-ja­ngan, inilah yang paling dia gemari, walaupun bukan yang paling banyak dia tulis.

Sehingga, dengan melihat kolom-kolomnya saja, menurut Syu'bah Asa, kita sebenarnya tidak heran kalau Gus Dur menjadi presiden.

Mungkin ada benarnya, meskipun ini karena kita berpikir sekarang, sebetulnya dari kecil Gus Dur bercita-cita ingin jadi “sesuatu”, ingin jadi somebody yang berhubungan dengan kekuasaan.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x