Rusia Ekspor Senjata ke 45 Negara di Dunia, China Pembeli Terbesar Kedua Setelah India

- 7 April 2022, 03:45 WIB
Rusia Ekspor Senjata ke 45 Negara di Dunia, China Pembeli Terbesar Kedua Setelah India
Rusia Ekspor Senjata ke 45 Negara di Dunia, China Pembeli Terbesar Kedua Setelah India /ilustration/insider/

BERITA BANTUL - Rusia adalah pengekspor senjata terbesar kedua di dunia, setelah Amerika Serikat (AS). Mereka menyumbang sekitar 20 persen dari penjualan senjata global.

Antara 2016 dan 2020, Moskow menjual senjata senilai $28 miliar ke 45 negara. Rusia mengekspor hampir 90 persen senjatanya ke 10 negara.

Pelanggan terbesarnya, India membeli 23 persen senjata Rusia dengan harga sekitar $6,5 miliar selama lima tahun terakhir. Setengah dari total impor senjata India, 49,3 persen, berasal dari Rusia.

Baca Juga: Krisis Energi Dunia di Depan Mata, Reaksi Amerika dan Inggris Terhadap Rusia Picu Geger Inflasi

Dikutip dari Al Jazeera, China adalah pembeli persenjataan Rusia terbesar kedua dengan $5,1 miliar selama periode yang sama diikuti oleh Aljazair ($4,2 miliar), Mesir ($3,3 miliar), dan Vietnam ($1,7 miliar).

Senjata yang dijual Rusia

Rusia mengekspor berbagai senjata termasuk pesawat, mesin, rudal, kendaraan lapis baja dan sistem pertahanan udara.

Pesawat membuat hampir setengah (48,6 persen) dari ekspor senjata Rusia. Antara 2016 dan 2020 Rusia mengirimkan sekitar 400 jet tempur termasuk keluarga jet Sukhoi dan MiG, ke setidaknya 13 negara.

India membeli setidaknya setengah dari mereka. India juga salah satu dari hanya enam negara di dunia yang mengoperasikan kapal selam bertenaga nuklir yang disewa dari Rusia.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x