Harapan Besar Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan atas Agenda R20 yang Digagas PBNU

- 22 Agustus 2022, 11:13 WIB
KH Beny Susanto Pengasuh Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan
KH Beny Susanto Pengasuh Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan /beritabantul.com/

BERITA BANTUL - Ada harapan besar Keluarga Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan Bantul atas agenda R20 yang digagas Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Pengasuh Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan, KH Beny Susanto menjelaskan bahwa dunia saat ini sedang dilanda krisis multi dimensi akibat pandemi.

Ikhtiar pemulihan ekonomi inklusif, menurutnya, dilakukan secara berkelanjutan melalui kekuatan ekonomi-politik G20, walupun itu tidak ringan.

Baca Juga: Ragam Kegiatan Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan Sambut HUT ke-77 RI

"Pasca pandemi covid-19, visi presidensi G20 recover together, recover strongger akan semakin bisa diwujudkan bila kekuatan negara tidak saling mengunci, menumbuhkan kerja sama multilateral dan peperangan Rusia-Ukraina berakhir," kata Kiai Beny.

Baginya, bantuan peralatan perang, senjata kepada salah satu pihak dan sanksi ekonomi-politik pada pihak lain jelas tidak akan menghentikan peperangan.

Kiai Beny juga memberikan apresiasi atas komitmen dan konsistensi Presiden Joko Widodo pada politik luar negeri yang bebas aktif, berupaya menciptakan perdamaian dunia akan terus mendapatkan dukungan kekuatan langit.

"Kepemimpinan, presidensi G20 Indonesia sejak akhir 2021 sampai puncak KTT pimpinan G20 (15-17 November 2022) menghadapi ujian berat," katanya kepada BeritaBantul.com, 22 Agustus 2022.

Baca Juga: Gus Dur Ngaji Hikam Kepada Waliyullah Mbah Dalhar Watucongol Gunungpring

Menurutnya, menuruti kemauan AS dan sekutunya yang menolak kehadiran Rusia pada KTT G20 jelas bukan lagi G20, tetapi menjadi G19 karena ada hak keanggotaan Rusia.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x