Bukan Saja Tampil Go Green, Masjid Juga Diharapkan Ramah untuk Semua Kalangan Kata Gus Hilmy

- 18 Desember 2022, 10:19 WIB
Gus Hilmy sampaikan evaluasi terkait pengelolaan masjid di acara MUI DIY, 17 Desember 2022
Gus Hilmy sampaikan evaluasi terkait pengelolaan masjid di acara MUI DIY, 17 Desember 2022 /beritabantul/

YOGYAKARTA - Bukan Saja Tampil Go Green, Masjid Juga Diharapkan Ramah untuk Semua Kalangan Kata Gus Hilmy.

KH Dr Hilmy Muhammad mengharapkan masjid mampu hadir nyaman dengan konsep go greend sebagaimana masjid-masjid Kagungan Dalem Keraton Ngayogyakarta.

Bukan hanya itu, masjid juga mampu hadir ramah untuk semua kalangan, seperti untuk anak, perempuan, orang tua, dan penyandang disabilitas.

Baca Juga: Selama Kamu Mengikuti Rasulullah, Maka Kamu Selamat dari Fitnah Kata Syekh Yusri Mesir

Penegasan tersebut disampaikan dalam acara seminar dan lokakarya dengan tema 'Memayu Hayuning Sasama dalam Menjaga Harmoni Umat Berbasis Masjid'.

Acara Komisi Ukhuwwah dan Kerukunan Majlis Ulama Indonesia MUI Daerah Istimewa Yogyakarta (MUI DIY) itu diselenggarakan di gedung DPD RI, Jl Kusumanegara No 133, Yogyakarta.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Hilmy itu, perlu adanya beberapa evaluasi terkait pengelolaan masjid. Dalam hal ini, Kementerian Agama diminta untuk memberikan edukasi yang cukup.

“Thaharah harus menjadi fokus utama. Kita meminta Kementerian Agama tidak hanya fokus pada arah kiblat, tetapi juga diperhatikan kesucian dan kebersihan masjid," kata Gus Hilmy.

Baginya, masih ada masyarakat kita yang semangat membangun masjid, tetapi tidak memperhatikan tentang kesuciannya. Demikian juga masjid-masjid di rest area-rest area tol.

"Kita membutuhkan perhatian dan pengawasan Kementerian Agama dalam menjamin pelaksanaan ibadah,” kata anggota Komite I DPD RI tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x