Shalat Hanya Diwajibkan Bagi yang Memenuhi Kriteria ini, Apakah Anda Termasuk? Simak Penjelasan lengkapnya

- 14 Februari 2022, 11:30 WIB
Sarat syarat wajb Shalat
Sarat syarat wajb Shalat /Tangkap layar You Tube/ RTQ TV/

BERITA BANTUL- Syarat-yarat wajib shalat artinya adalah apa-apa saja yang wajib ada pada orang yang akan melaksanakan shalat, jika syarat wajib ini tidak dimiliki, maka shalatnya tertolak atau tidak sah. Siapapun yang akan mengerjakan shalat harus memenuhi kriteria syarat-syarat tersebut.

Shalat merupakan kewajiban bagi setiap ummat Islam, namun ummat Islam yang bagaimanakah yang dikenai kewajiban tersebut, karena ada kriteria tertentu yang terbebas dari hukum kewajiban tersebut sekalipun ia adalah muslim.

Syarat-syarat wajib shalat sebagaimana dilansir BeritaBantul.com dari kanal You Tube RTQ TV Berisi Kajian Kitab Fathul Mu’in oleh KH Fahruddin Al Bantani, diunggah pada 28 September 2018.

Baca Juga: Pengertian Shalat Secara Bahasa dan Istilah Lengkap dengan Penjelasannya Oleh KH Faruddin Al Bantani

KH Fahruddin menjelaskan bahwa, syarat-syarat wajib shalat atau kriteria yang mendapat kewajiban melaksanakan shalat ada 4, diantaranya adalah:

  1. Islam
  2. Baligh
  3. Berakal
  4. Suci dari Haid dan Nifas

“Hanya saja wajib shalat yang diwajibkan, yakni shalat yang lima waktu atas tiap tiap muslim yang mukallaf, yakni yang baligh lagi berakal, laki-laki ataupun selain laki-laki, suci dari haid dan nifas”, ungkap KH Fahruddin.

Lebih lanjut KH Fahruddin menjelaskan bahwa, dengan 4 kriteria syarat wajib shalat di atas, maka tidak wajib shalat bagi non muslim, anak anak, orang gila, orang yang ayan, orang yang mabuk tanpa ada unsur kesengajaan didalamnya, serta orang yang sedang haid dan nifas.

Syarat-syarat wajib shalat, artinya orang-orang yang diwajibkan shalat adalah yang memenuhi 4 kriteria tersebut. Sehingga kewajiban shalat fardhu atau shalat 5 waktu yang disyariatkan agama hanya berlaku bagi yang memenuhi keriteria tersebut.

Baca Juga: 5 Keistimewaan Bagi Orang yang Melaksanakan Shalat dengan Benar dan Istiqomah Menurut Ustad Adi Hidayat

Halaman:

Editor: Amrullah

Sumber: You Tube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x