2 Waktu Doa Paling Disukai Imam Al-Syafi'i, Terbukti Dahsyat Mustajab

- 11 Februari 2022, 16:01 WIB
2 Waktu Doa Paling Disukai Imam Al-Syafi'i, Terbukti Dahsyat Mustajab
2 Waktu Doa Paling Disukai Imam Al-Syafi'i, Terbukti Dahsyat Mustajab /geralt/pixabay/

BERITA BANTUL - Berdoa itu tanda bahwa hamba sangat butuh dengan Tuhannya. Manusia mengakui dirinya lemah dan tidak mampu. Allah Maha Segalanya.

Karena itu, manusia harus bening hatinya saat berdoa, sehingga seluruh jiwa raganya dipasrahkan kepada Dzat Yang Maha Kasih Sayang. 

Dengan demikian, doa adalah senjata bagi seorang hamba. Senjata agar dirinya diakui sebagai hamba yang berharap anugerah dari-Nya. 

Baca Juga: Anak Sakit, Demam, Digigit Kalajengking, Bacakan Doa dari Kyai Ghofur Sunan Drajat

Baca Juga: Punya Allah Kok Tidak Dipikir, Gus Mus: Kalau Shalat Baca Allahu Akbar, di Dalam Hatinya Ada Siapa?

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari Kitab Adzkar karya Imam Syarafuddin An-Nawawi, dijelaskan ada waktu istimewa yang sangat dahsyat untuk berdoa. 

Waktu istimewa itu dijadikan pegangan pendiri Mazhab Syafiiyyah untuk terus berdoa. Berikut redaksinya. 

باب الدعاء عند الإقامة 

روى الإمام الشافعي بإسناده في ”الأم” حديثًا مرسلًا أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: ”اطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ الْتِقَاءِ الجُيُوشِ وإقامَةِ الصَّلاةِ ونُزولِ الغَيْثِ”. وقال الشافعي: وقد حفظت عن غير واحد طلبَ الإجابة عند نزول الغيث وإقامة الصلاة.

Artinya: Imam Syafi’i dengan sanadnya dalam kitab al-Umm meriwayatkan sebuah hadis mursal: Sungguh! Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Carilah kemustajaban (terkabulnya) doa ketika dua balatentara bertemu dalam peperangan, ketika iqamat shalat, dan ketika turunnya hujan’.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x