Pentingnya Public Relations dalam Pengelolaan Lembaga atau Organisasi

- 2 Januari 2023, 17:55 WIB
Pentingnya Public Relations dalam Pengelolaan Lembaga atau Organisasi
Pentingnya Public Relations dalam Pengelolaan Lembaga atau Organisasi /pixabay/

KOMUNIKASI - Pentingnya Public Relations dalam Pengelolaan Lembaga atau Organisasi.

Public relations sebagai suatu kegiatan yang melaksanakan kebijaksanaan dan kepemimpinan yang direncanakan dengan tujuan menumbuhkan kepercayaan dan meningkatkan pengertian pada publik.

Public relations atau PR bukan semata-mata merupakan kegiatan komunikasi belaka tetapi juga merupakan suatu kebijaksanaan.

Baca Juga: Arti Penting Pondok Pesantren di Indonesia Menurut Gus Dur

Dengan public relations yang bersama-sama dengan management berusaha mencapai good will serta understanding dari publik untuk kemudian memperoleh opini publik yang menguntungkan.

Public relations dalam kegiatan yang ditujukan ke dalam disebut internal public relations dan kegiatan yang ditujukan ke luar di sebut external public relations.

Dalam konteks kegiatan publik reations di lembaga, organisasi, atau departemen pemerintahan, punya peran dan fungsi yang khusus.

Untuk menyelenggarakan atau melaksanakan tugas-tugas komunikasi atau penerangan, maka diadakan penyusunan program dan evaluasi yang mencakup tugas-tugas sebagai berikut:

1. Menghimpun dan mengelola bahan-bahan atau pedoman-pedoman penerangan dari Departemen Penerangan khususnya, Pemerintah pada umumnya, sesuai dengan situasi dan kondisi negara serta media penerangan yang hendak di gunakan.

2. Menyusun rencana operasional penerangan dan program penerangan secara menyeluruh.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x