Arti Penting Pondok Pesantren di Indonesia Menurut Gus Dur

- 2 Januari 2023, 17:47 WIB
Arti Penting Pondok Pesantren di Indonesia Menurut Gus Dur
Arti Penting Pondok Pesantren di Indonesia Menurut Gus Dur /LIRBOYO/

PENDIDIKAN - Arti Penting Pondok Pesantren di Indonesia Menurut Gus Dur.

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang berciri khusus dan menjadi ciri khas pendidikan di Nusantara.

Cara mengelola pondok pesantren tidak sebagaimana lembaga formal, tapi harus tahu kondisi khusus dan ruh yang dibangun pengasuhnya. 

Baca Juga: Mengenal Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Jepara, Lokasi Terselenggaranya KUPI 2 Tahun 2022

Gus Dur memberikan catatan khusus terkait arti penting pendidikan pondok pesantren yang menjadi ciri khusus pendidikan di Indonesia.

Catatan ini sangat menarik untuk membaca reformasi pendidikan Islam dalam masa kontemporer sebagai sebuah kebutuhan mendasar bagi umat Islam dalam membangun peradaban di masa depan.

Dengan basis peradaban ala pesantren, maka akan memiliki dasar yang kuat, baik secara historis, sosiologis, maupun teologis.

Keberhasilan reformasi pendidikan Islam tidak saja ditentukan oleh seberapa serius umat Islam menjadikan pemikiran-pemikiran pembaharuan pendidikan itu sebagai dasar berpijak, tetapi juga bagaimana hal tersebut menjadi agenda bersama untuk diwujudkan dalam setiap model pendidikan Islam.

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan menurut Abdurrahman Wahid (2001) mempunyai watak utama, yaitu sebagai lembaga pendidikan yang memiliki ciri-ciri tertentu.

Pondok pesantren memiliki tradisi keilmuan yang berbeda dengan tradisi keilmuan lembaga-lembaga pendidikan lainnya, seperti madrasah atau sekolah.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x