DPKH Temukan 51 Hewan Ternak yang Terkonfirmasi Penyakit Kuku dan Mulut di Gunung Kidul DIY

- 1 Juni 2022, 20:15 WIB
Ilustrasi Hewan Ternak Suspek Pmk digunung Kidul
Ilustrasi Hewan Ternak Suspek Pmk digunung Kidul /pikiran-rakyat.com/

BERITA BANTUL – Dalam berkurban harus menggunakan hewan yang sehat dan tidak memiliki penyakit mulut dan kuku yang sedang di awasi dinas peternakan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunung Kidul Wibawanti Wulandari di Wonosari, Ibu Kota Kabupaten Gunung Kidul, Semin.

Mengatakan temuan hewan ternak suspek ini dari hasil pemantauan di tempat penampungan ternak yang ada di Kecamatan Playen, Semanu, Karangmojo dan beberapa kecamatan lainnya.

Baca Juga: Hikmah Thawaf Mengelilingi Ka'bah Sebanyak 7 Kali

Dikutip dari Antara, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menemukan sebanyak 51 kasus hewan ternak suspek penyakit mulut dan kuku yang sampelnya telah dikirim ke Balai Besar Veteriner Wates untuk uji laboratorium.

"Sampel hewan ternak yang suspek kami kirim ke Balai Besar Veteriner Wates untuk uji laboratorium dan hewan ternak tersebut langsung dilakukan isolasi tertutup. Kami juga melakukan perawatan dan pemantauan melalui petugas kesehatan hewan yang ada di setiap kecamatan," katanya.

Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Dinas Perdagangan untuk melakukan penutupan dua pasar, yakni Pasar Hewan Siyono di Kecamatan Playen dan Pasar Hewan Munggi di Kecamatan Semanu.
Baca Juga: Hikmah Thawaf Mengelilingi Ka'bah Sebanyak 7 Kali

Penutupan pasar ini dalam rangka mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku di wilayah ini. "Penutupan pasar hewan untuk ternak membatasi pertemuan ternak sehat dan yang sakit," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengintensifkan komunikasi, edukasi dan informasi kepada masyarakat peternak untuk tidak panik dengan adanya temuan enam sapi positif PMK dan 51 sapi suspek PMK.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x