Selamat, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir Masuk Daftar Top 100 Ilmuwan Sosial Indonesia 2022

- 16 Februari 2022, 10:40 WIB
Haedar Nashir Masuk Daftar Top 100 Ilmuwan Sosial Indonesia 2022
Haedar Nashir Masuk Daftar Top 100 Ilmuwan Sosial Indonesia 2022 /PP Muhammadiyah/

BERITA BANTUL - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir masuk dalam daftar Top 100 Ilmuwan Sosial di Indonesia versi Alper-Doger atau AD Scientific Index tahun 2022.

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari Antara pada Rabu, 16 Februari 2022, penilaian AD Scientific Index tersebut didasarkan pada kinerja ilmiah dan produktivitas ilmiah para ilmuan di Indonesia selama 5 tahun terakhir.

"Penilaian AD Scientific Index ini berdasarkan kinerja ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah para ilmuwan dalam lima tahun terakhir," kata Humas PP Muhammadiyah, Adam Qodar di Yogyakarta.

Baca Juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Ini Doa Gus Miftah untuk Almarhum

Adam menjelaskan, sumber data dari AD Scientific Index diperoleh dari Google Scholar dengan atribut-atribut seperti, total h-index, i10 index, dan sitasi.

H-index sendiri, lanjutnya, merupakan indeks yang mencoba untuk mengukur baik produktivitas dan pengaruh dari karya yang diterbitkan seorang peneliti.

Sedangkan i10 index adalah skor dari seorang peneliti dalam publikasi yang memiliki karya ilmiah lalu dikutip oleh minimal 10 karya ilmiah. Sitasi adalah jumlah karya ilmiah yang dikutip dan menjadi sumber rujukan karya ilmiah.

"Dalam keterangan dari AD Scientific Index, syarat utama masuk dalam penilaian sebagai top ilmuwan maka peneliti minimal memiliki 300 sitasi," ujar Adam.

Baca Juga: MENGGETARKAN, Wasiat Terakhir Dorce Sebelum Meninggal Dunia, Sampai Gus Miftah Ingin Minta Maaf

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x