Rahasia Kecerdasan Muawiyah dan Kebijaksanaan Sayyidina Hasan Cucu Rasulullah

- 13 Juli 2022, 23:58 WIB
Kecerdasan Muawiyah dan Kebijaksanaan Sayyidina Hasan Cucu Rasulullah
Kecerdasan Muawiyah dan Kebijaksanaan Sayyidina Hasan Cucu Rasulullah /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Ada rahasia kecerdasan Muawiyah dan kebijaksanaan Sayyidina Hasan Cucu Rasulullah yang sangat penting dipahami umat Islam.

Konflik antara Muawiyah dan Sayyidina Hasan sering dipahami secara kontras, bahkan sering dibumbui sarat kepentingan yang tajam. Bias dan membahayakan. 

Penjelasan atas konflik Muawiyah dan Sayyidina Hasan perlu dihadirkan secara proporsional, sehingga dipahami dalam konteks kemaslahatan umat. 

Baca Juga: Rahasia Perang Muawiyah dan Sayyidina Hasan Menurut Syekh Yusri Mesir

Baik Muawiyah dan Sayyidina Hasan adalah tokoh penting yang menjadi panutan umat Islam. 

Makanya, tafsir atas konflik keduanya harus hadir secara proporsional, sehingga menghadirkan kesejukan dalam kehidupan umat dalam berbangsa dan bernegara.

Dijelaskan dalam taklim Syekh Yusri Mesir, saat Sayyidina Hasan memilih damai dengan Muawiyah di saat konflik, banyak yang mencela cucu Rasulullah tersebut. 

Menurut Syekh Yusri, Sayyiduna Hasan dicela, tapi beliau memilih diam, meskipun beliau punya alasan kuat karena tidak ingin jadi raja pertama setelah sistem khilafah.

"Beda denganmu yang kalau beda dan punya alasan, tentu akan bikin pengumuman untuk menyebutkan sebab-sebab kamu memilih berbeda," ujar Syekh Yusri.

Baca Juga: Sebelum Tragedi Karbala Terjadi, Kata Gus Baha: Nabi Sering Menyampaikan Persoalan Ini Kepada Para Sahabat

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x