Wasiat Nabi Muhammad Menjelang Wafat

- 12 Oktober 2022, 16:26 WIB
Wasiat Nabi Muhammad Menjelang Wafat
Wasiat Nabi Muhammad Menjelang Wafat /pixels/

SEJARAH NABI - Menjelang datang hari wafatnya, Nabi Muhammad SAW memberikan pesan dan wasiat penting kepada para sahabatnya. 

Semua sahabat sangat sedih, karena sejak Nabi Muhammad SAW sakit dan terlihat makin lemah, wasiat itu datang seperti hendak ditinggal sang kekasih yang selalu melindungi. 

Para sahabat sudah menangis sejak sakitnya Nabi, tapi tetap tegar saat mendengarkan wasiat Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Kalau Punya Emas Sebanyak Gunung Uhud, Imam Hasan Basri Akan Infakkan untuk Acara Maulid Nabi

Dijelaskan, bahwa dalam keadaan menderita sakit yang sedang gawat-gawatnya, Rasulullah SAW menyampaikan pesan kepada para sahabatnya kaum Muhajirin, agar memelihara persaudaraan dan menjaga hubungan baik dengan kaum Anshar.

"Mereka itu", yakni kaum Anshar, kata Nabi Muhammad s.a.w., "adalah orang-orang tempat aku menyimpan rahasiaku dan yang telah memberi perlindungan kepadaku. Hendaknya kalian berbuat baik atas kebaikan mereka itu dan memaafkan mereka bila ada yang berbuat salah."

Imam Al Bukhari dalam shahihnya mengetengahkan sebuah hadits, dengan sanad Ubaidillah bin Abdullah bin Utbah dan berasal dari Ibnu Abbas, bahwa ketika Rasulullah SAW sedang mendekati ajal, berkata kepada para sahabat yang berada di sekelilingnya.

Di antara mereka itu terdapat Umar bin Khattab RA, Nabi Muhammad berkata:

"Marilah…, akan kutuliskan untuk kalian suatu kitab (secarik surat wasiat) dengan mana kalian tidak akan sesat sepeninggalku."

Baca Juga: Sejarah Asal Mula Perayaan Maulid Nabi dan Kitab Al Barzanji yang Berisi Pujian kepada Nabi Muhammad

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x