Sunan Ampel adalah Bupati Pertama di Surabaya

- 13 November 2022, 17:28 WIB
Sunan Ampel adalah Bupati Pertama di Surabaya
Sunan Ampel adalah Bupati Pertama di Surabaya /kemenag/

SEJARAH WALI - Sunan Ampel atau Raden Rahmat bukan saja dikenal sebagai salah satu wali songo, tapi juga disebut sebagai Bupati Pertama di Surabaya.

Sunan Ampel adalah salah satu wali dan sunan yang senior, sehingga pengaruhnya sangat besar dalam penyebaran dakwah Islam.

Keturunan dan kerabat Sunan Ampel menjadi tokoh penting dalam Islam di Nusantara, seperti Sunan Bonang dan Sunan Drajat. 

Baca Juga: Sejarah Kedatangan Sunan Ampel Berdakwah di Surabaya

Dijelaskan Babad Ngampeldenta, bahwa pengangkatan resmi Raden Rahmat sebagai imam di Surabaya dengan gelar sunan dan kedudukan wali di Ngampeldenta dilakukan oleh Raja Majapahit.

Dengan demikian, Raden Rahmat lebih dikenal dengan sebutan Sunan Ngampel.

Menurut sumber legenda Islam yang dicatat H.J. De Graaf & Th.G.Th. Pigeaud dalam Kerajaan-Kerajaan Islam di Jawa: Peralihan dari Majapahit ke Mataram (1986), Raden Rahmat diangkat
menjadi imam Masjid Surabaya oleh pejabat Pecat Tandha di Terung bernama Arya Sena.

Penempatan Raden Rahmat di Surabaya, selain dilakukan secara resmi oleh Pecat Tandha di Terung juga disertai oleh keluarga-keluarga yang dipercayakan Kerajaan Majapahit untuk dipimpinnya.

Baca Juga: Curi Ikan KH Chudlori Tegalrejo, Gus Dur Pesta Makan Bersama Para Santri

Menurut Lembaga Riset Islam Pesantren Luhur Sunan Giri Malang (1975), karena hubungan baik dengan Raja Majapahit, Raden Rahmat diberi izin tinggal di Ampel disertai keluarga-keluarga yang diserahkan oleh Raja Majapahit.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x