Manfaat Karakter Rendah Hati dalam Bermasyarakat Menurut Gus Ghofur Maimoen Sarang

- 13 Desember 2022, 15:44 WIB
Manfaat Karakter Rendah Hati dalam Bermasyarakat Menurut Gus Ghofur Maimoen Sarang
Manfaat Karakter Rendah Hati dalam Bermasyarakat Menurut Gus Ghofur Maimoen Sarang /facebook/abdul.maimoen/

TOKOH - Manfaat Karakter Rendah Hati dalam Bermasyarakat Menurut Gus Ghofur Maimoen Sarang.

Karakter rendah hati sangat dibutuhkan saat seseorang hidup bermasyarakat. Gus Ghofur Maimoen memberikan nasihat penting terkait rendah hati ini.

Rendah hati memudahkan kita untuk berterimakasih kepada orang lain, sekaligus menjadikan diri gampang beriterospeksi dan tidak mudah jatuh pada sikap selalu menyalahkan yang lain.

Baca Juga: Cerita Singkat Gus Dur Saat Krisis Reformasi 1998, Kesaksian Zastrouw Al Ngatawi

Menurut Gus Ghofur Maimoen, rendah hati adalah karakter yang menjadikan kita sadar akan kekurangan diri dan membuat kita mampu melihat kelebihan orang lain.

"Kerendahan hati menjadikan kita lebih berhati-hati dalam bersikap dan menyampaikan statemen. Kerendahan hati pulalah yang menjadikan kita gampang menerima kebenaran bahkan dari orang yang selama ini tampak membenci kita," tegas Gus Ghofur yang lulus doktoral di Al Azhar Kairo Mesir.

Mengutip Imam Al Ghazali dalam bukunya Bidāyat al Hidāyat, Gus Ghofur Maimoen memberi tip agar kita rendah hati dan mampu melihat orang lain dengan lebih positif.

Pertama, kita harus mampu membisiki hati kita bahwa anak kecil tentu lebih baik dari kita karena dia belum bermaksiat, sementara kita sudah.

Kedua, orang tua tentu lebih baik dari kita karena dia telah beribadah sebelum kita.

Ketiga, orang pintar tentu lebih baik dari kita karena ia mendapatkan anugerah yang tak diberikan kepada kita, ia sampai pada satu derajat yang tidak kita capai, dan ia mengatahui apa yang kita tidak tahu.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x