Punya Sejarah Kelam di Mataram, Jenazah Amangkurat 1 Disebut Wangi dan Tak Membusuk

- 30 Desember 2022, 17:48 WIB
Punya Sejarah Kelam di Mataram, Jenazah Amangkurat 1 Disebut Wangi dan Tak Membusuk
Punya Sejarah Kelam di Mataram, Jenazah Amangkurat 1 Disebut Wangi dan Tak Membusuk /facebook/amnan/

TOKOH - Punya Sejarah Kelam di Mataram, Jenazah Amangkurat 1 Disebut Wangi dan Tak Membusuk.

Dalam jejak sejarah Mataram Islam, Raja Amangkurat 1 banyak disebut sebagai raja yang kejam dan bengis kepada rakyatnya.

Pertumpahan darah antar anggota keluarga kerajaan, ulama jadi korban, dan berbagai tragedi berdarah tercatat sangat mengenaskan. 

Baca Juga: Kenapa Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Tidak Berada di Makam Raja Imogiri?

Adiknya sendiri, Raden Mas Alit, dan mertuanya sendiri, Pangeran Pekik, tak luput disebut menjadi korban keganasan Amangkurat 1. 

Ditambah lagi kerjasama Amangkurat 1 dengan VOC Belanda membuat catatan kelam sejarahnya. Padahal, ayahnya Sultan Agung Hanyokrokusumo sangat tegas menolak kerjasama dengan VOC.

Karena kekejaman yang luar biasa itu, akhirnya Pangeran Trunojoyo dari Madura melakukan pemberontakan dengan skala besar-besaran. 

Trunojoyo akhirnya bisa mengakhiri masa pemerintahan Amangkurat 1, sehingga memaksa Raja Mataram itu melarikan diri menuju Batavia. 

Dalam proses melarikan diri itulah, Amangkurat 1 jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia. Sesuai wasiatnya, ia dimakamkan Komplek Makam Tegal Arum Kabupaten Tegal Jawa Tengah.

Wasiat Amangkurat 1 adalah jenazahnya agar dimakamkan berdampingan dengan guru sekaligus pengasuhnya di masa kecil Tumenggung Danupaya atau Ki Ageng Lembah Manah.

Halaman:

Editor: Amrullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x