Agar Hidup Berkah dan Bahagia, Simak Nasehat Maulana Jalaluddin Rumi

- 4 Februari 2022, 01:23 WIB
Nasehat Maulana Rumi Agar Hidup Berkah dan Bahagia
Nasehat Maulana Rumi Agar Hidup Berkah dan Bahagia /moaser.com/

BERITA BANTUL - Hidup bahagia adalah dambaan semua manusia. Tapi untuk bisa bahagia, kita harus berusaha dengan semaksimal mungkin. 

Allah SWT suka terhadap hamba-Nya yang selalu berusaha. Nabi Muhammad yang sudah dijamin masuk surga juga tetap teguh menjalani kebaikan tanpa henti. 

Para ulama yang sholih juga memberi keteladanan hidup bahagia dan penuh keberkahan. Kita jangan pernah lengah, lalai dan terjerumus pada kehancuran.

Baca Juga: Tidak Marah Saat Dicaci dan Di-bully, Ini Caranya Agar Hidup tetap Bahagia Penuh Berkah

Untuk itu, resep hidup harus selalu digali dan diamalkan dengan sesuai kemampuan. Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari akun facebook KH Husein Muhammad, ditegaskan Maulana Jalaluddin Rumi punya nasehat yang sangat istimewa buat kita semua.

"Dan aku masih mengingat penuh nasehat Maulana menjelang pulang. Aku membacanya dalam buku 'Min Balkh ila Qonya'," tegas Buya Husein, sapaan akrab KH Husein Muhammad.

Buya Husein menuliskan redaksi nasehat Maulana Rumi itu dalam bahasa Arab berikut.

اوصيكم بتقوى الله فى السر والعلانية وبقلة الطعام وقلة المنام. وقلة الكلام. وهجران المعاصى والاثام. ومواظبة الصيام ودوام القيام. وترك الشهوات على الدوام. واحتمال الجفاء من جميع الانام. وترك مجالسة السفهاء والعوام ومصاحبة الصالحين والكرام. فان خير الناس من ينفع الناس. وخير الكلام ما قل ودل . والحمد لله وحده.

Dalam nasehat tersebut, ada tiga belas nasehat penting yang bisa dicatat dengan tinta tebal.

Pertama, bisa mengendalikan diri dalam situasi apapun.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x