220 Tahun Ibadah, Punya 60 Ribu Pengikut, Kiai Barseso Akhiri Hidup Sangat Mengenaskan, Ini Kronologinya

- 9 Februari 2022, 20:45 WIB
Ilustrasi Kiai Barseso yang tragis hidupnya
Ilustrasi Kiai Barseso yang tragis hidupnya /NightMareDrug/pixabay/

BERITA BANTUL - Namanya Kiai Barseso. Nama yang melegenda dalam khazanah dunia Islam. Para ulama di Nusantara sering mengisahkannya untuk menjadi pelajaran penting dalam kehidupan.

Kiai Barseso disimbolkan sosok ulama yang gagal memaknai ajaran Islam. Terlena dalam ibadah dan melalaikan kepedulian, khususnya kepada orang tua. 

Banyak yang belajar agama, seringkali salah arah dan gagal memaknai dan menyelami ruh agama. Kisah Kiai Barseso jadi rujukan utama.

Baca Juga: Kisah Bupati Menguji Kewalian Syaikhona Kholil Bangkalan, Cerita Gus Muwafiq dari Gus Dur

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari kitab 'Durratun Nasihin fi Al-Wa’dz wa Al-Irsyad' yang diterbitkan Darul Kutub Al-Ilmiyyah yang ditulis Syekh Usman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakiri Al-Khubawi, dijelaskan secara kronologis sosok Kiai Barseso ini.

Syekh Usman adalah ulama abad 18 asal Konstantinopel (sekarang Kota Istanbul), Turki. Syekh Usman masuk kategori ulama abad ke-13 Hijriyah. Ia wafat tahun 1224 H, tidak lama setelah menulis kitab Durratun Nasihin fi Al-Wa’dz wa Al-Irsyad (Mutiara Para Penasihat: Nasihat dan Petunjuk).

Bagaimana kisah Kiai Barseso itu? Simak kisah Syekh Usman berikut ini.

Kiai Barseso adalah ahli ibadah sangat masyhur. Ia hidup sebelum masa Nabi Muhammad SAW. Sayangnya, Kiai Barseso wafat dalam kondisi mengenaskan, alias suul khotimah, karena minum minuman keras.

Waktu 24 jam dihabiskan Kiai Barseso untuk ibadah. Tidak tanggung-tanggung, ia ibadah sampai 220 tahun dan selama itu tak pernah melakukan maksiat. Santrinya juga banyak, ada 60 ribu orang. Santrinya juga sakti, bisa terbang di atas udara. 

Baca Juga: Khasiat Surat Humazah, Tolak Sihir dan Penyakit 'Ain, Ijazah KH Ghofur Sunan Drajat Lamongan

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x