2 Strategi Dakwah Wali Songo, Tips Sukses Untuk Para Ustadz Saat Dakwah di Bulan Ramadhan

- 15 Maret 2022, 13:26 WIB
2 Strategi Dakwah Wali Songo, Tips Sukses Untuk Para Ustadz Saat Dakwah di Bulan Ramadhan
2 Strategi Dakwah Wali Songo, Tips Sukses Untuk Para Ustadz Saat Dakwah di Bulan Ramadhan /kolase facebook/

BERITA BANTUL – Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Jika merujuk pada kalender Nasional, tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022.

Bulan Ramadhan adalah bulan dakwah. Banyak kesempatan yang baik untuk berdakwah. Masyarakat Muslim lebih gemar melakukan kebaikan dan mendengar dakwah.

Momentum inilah yang semestinya bisa dimanfaatkan oleh para da’i/da’iyah atau ustadz/ustadzah untuk memberikan nasihat dan wejangan.

Baca Juga: Saat Sunan Kalijaga Menembus Ruhani Nabi Khidir, Ini yang Terjadi dalam Lakon Wayang Dewa Ruci

Bangsa Indonesia memiliki sejarah panjang tentang penyebaran Islam yang perlu jadi rujukan bagi para da’i/da’iyah atau ustadz/ustadzah saat berdakwah di bulan Ramadhan

Betul, sejarah tentang strategi dakwah Wali Songo, sebagai perintis penyebaran Islam di Nusantara. Strategi dakwah Wali Songo ini bisa menjadi tips sukses para ustadz saat dakwah di bulan Ramadhan.

Menurut KH Said Aqil Siraj, Wali Songo adalah tokoh sejarah yang layak diteladani perilaku pribadinya, semangat juangnya, serta strategi dakwahnya.

"Wali Songo adalah “manusia” (bukan dewa dalam dongeng), yang segala langkahnya merupakan tindakan objektif yang bisa ditiru dan dikembangkan oleh manusia modern saat ini,” kata Kiai Said, dikutip beritabantul.com dari buku Atlas Wali Songo karya Agus Sunyoto (2017).

Baca Juga: Sunan Kalijaga Dalang Sangat Masyhur yang Paling Dicintai Masyarakat, Ternyata Ini Rahasianya

Menurut Kiai Said, dalam kenyataannya para wali telah merumuskan strategi dakwah atau strategi kebudayaan secara lebih sistematis.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x