China Luncurkan Rudal Pembunuh Amankan Kawasan Indo-Pasifik, Australia dan AS Ketakutan?

- 9 April 2022, 06:30 WIB
China Luncurkan Rudal Pembunuh di Kawasan Indo-Pasifik
China Luncurkan Rudal Pembunuh di Kawasan Indo-Pasifik /Ilustration/Eurasiantimes/

BERITA BANTUL – Keberadaan Australia dan AS di kawasan Indo-Pasifik terancam. Seorang pakar dari Institute Kebijakan Strategis Australia (ASPI) baru-baru ini melaporkan bahwa China menyiapkan rudal jelajah anti-kapal.

Bahkan, ia menyebut ASCM (Anti-Ship Cruise Missile) baru China tersebut, sebagai ancaman terbesar bagi angkatan laut Australia dan sekutu AS lainnya di Indo-Pasifik.

Rudal jelajah anti-kapal China akan digunakan untuk mencegah pasukan asing memasuki perairan yang disengketakan di Pasifik Barat. Upaya itu bagian dari "strategi kontra-intervensi" China.

Baca Juga: Hadapi Manuver Agresif China di Kawasan Indo-Pasifik, Australia, Inggris dan AS Kembangkan Rudal Hipersonik

Dikutip beritabantul.com dari eurasiantimes, pada Jumat, 8 April 2022, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) memiliki doktrin strategis yang digambarkan dalam bahasa Cina sebagai "gada pembunuh."

Istilah itu berakar dari mitologi China kuno yang menyinggung persenjataan untuk mengalahkan lawan yang lebih besar.

ASCM baru China (Anti-Ship Cruise Missile), termasuk YJ-12 yang diluncurkan oleh pembom dan YJ-18B yang diluncurkan dari kapal selam adalah contoh senjata pembunuh China.

Jenis senjata ini, menurut penelitian, kemungkinan besar akan digunakan untuk menghilangkan kemampuan militer 'Sekutu' (Australia, Amerika, Jepang, Korea Selatan, dan sebagainya) di seluruh rantai pulau pertama dan kedua selama operasi tempur ofensif PLA.

Baca Juga: AS Persenjatai Taiwan, Paket Rudal Senilai Rp 1,3 Triliun Dikirim, China Ingatkan Washington: Siap Lawan!

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: eurasiantimes.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x