Rusia Ancam AS, Pengiriman Rudal Nuklir Pentagon ke Eropa dan Kawasan Asia-Pasifik Bisa Picu Perang Dunia

- 7 April 2022, 12:10 WIB
Pengiriman Rudal Pentagon ke Eropa dan Kawasan Asia-Pasifik Picu Perang Dunia
Pengiriman Rudal Pentagon ke Eropa dan Kawasan Asia-Pasifik Picu Perang Dunia /eurasiantimes/

BERITA BANTUL – Wakil tetap Rusia untuk PBB, Dmitry Polyansky baru-baru ini mengatakan Amerika Serikat (AS) harus membatalkan rencana untuk penyebaran rudal di Eropa dan kawasan Asia-Pasifik.

“Mari kita ingat, Pentagon terus menerapkan keputusan tentang penyebaran rudal jarak menengah dan pendek berbasis darat di Eropa dan kawasan Asia-Pasifik,”katanya.

“Kami sekali lagi mendesak Washington untuk menunjukkan kehati-hatian dan mengabaikan rencana semacam itu,” lanjut Polyanskiy di pertemuan Komisi Perlucutan Senjata PBB.

Baca Juga: Inggris Matikan Peti Perang Putin, AS Siap Kirim Rudal ke Langit Moskow, Peristiwa Penting Hari ke-42 Ukraina

Dikutip dari eurasiantimes, pernyataan itu muncul beberapa bulan setelah Rusia dan China membuat seruan bersama yang serupa di pertemuan tingkat tinggi mereka Februari 2022 lalu.

Rusia dan China mengklaim AS telah mempercepat pengembangan rudal darat jarak menengah dan pendek, serta ambisinya untuk menyebarkannya di Asia-Pasifik dan Eropa.

Upaya AS tersebut akan meningkatkan ketegangan dan ketidakpercayaan serta meningkatkan risiko terhadap keamanan internasional dan regional.

Pernyataan bersama itu juga menyatakan keprihatinan bahwa AS sedang mempertimbangkan penyebaran sistem pertahanan rudal anti-balistik di seluruh dunia.

Untuk diketehui, AS dan Rusia secara tradisional telah membatasi program rudal mereka di bawah perjanjian, tetapi China tidak pernah menjadi anggota dari pengaturan semacam itu.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: eurasiantimes.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x