Nasi Kikil Kesukaan Gus Dur, Cukup Siapkan Rp15 Ribu, Sajian Daun Pisang Rasanya Jadi Maknyus

- 6 Februari 2022, 16:17 WIB
Nasi Kikil Kesukaan Gus Dur
Nasi Kikil Kesukaan Gus Dur /NU Online Jatim/

BERITA BANTUL - Gus Dur memang tokoh serba apa saja. Bicara agama, ya Gus Dur. Bicara politik, Gus Dur gudang ilmunya. Bicara budaya, Gus Dur pernah jadi Ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Apa saja ada, apa saja bisa.

Humor Gus Dur paling dirindukan semua. Banyak yang meniru, tapi rasanya masih jauh dari Gus Dur. Karena humor Gus Dur memang khas dan selalu terasa nikmat. 

Kali ini soal kuliner. Ternyata, Gus Dur juga tidak kalah. Kenangannya bahkan sampai sekarang diabadikan. 

Baca Juga: Gus Baha Kisahkan Humor Mbah Moen dengan Santri Lugunya

Baca Juga: Resep Mie Ayam Bu Tumini, Mie Ayam Legendaris dari Jogja

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari laman NU Online Jatim, ada warung unik yang terletak di kawasan Jalan KH Hasyim Asy’ari, Mojosongo, Diwek, Jombang. 

Dengan tanpa basa basi, warung itu menuliskan baner di depan: Nasi Kikil Kesukaan Gus Dur. 

Warung ini terletak dalam deretan warung lainnya yang menjajakan menu yang sama, yakni nasi kikil. Hanya saja, karena dicat merah, membuat terlihat mencolok dibandingkan lainnya. Nasi Kikil Warung Abang ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Bukan saja nama Gus Dur terpampang di depan, tapin saat masuk di dalam warung, juga tersaji foto para tokoh yang pernah singgah dan merasakan sensasi menu kikilnya. Di sana ada Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, putri Gus Dur Yenny Wahid, pengacara Hotman Paris, dan sejumlah tokoh lain.

Siti Munazilah, pemilik warung mengatakan bahwa warungnya pertama kali didirikan oleh mendiang sang nenek. Berikutnya yakni sejak tahun 1995 dikelola ibu kandungnya, Siti Qoirumlah. Dengan demikian, Munazilah dan tiga saudara kandungnya menjadi generasi ketiga yang meneruskan bisnis kuliner ini.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: NU Online Jatim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x