Siap Siap, Dana BOS Tahun 2022 Akan Langsung Ditransfer ke Sekolah, Ini Penjelasan dari Menkeu Sri Mulyani

- 16 Februari 2022, 00:04 WIB
Dana Bos 2022 Menkeu Sri Mulyani
Dana Bos 2022 Menkeu Sri Mulyani /foto Instagram @smindrawati/

BERITA BANTUL – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2022 ini rencana akan langsung ditransfer ke sekolah-sekolah.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, dalam konferensi pers Merdeka Belajar Episode 16 yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa 15 Februari 2022.

Seperti dikutip BeritaBantul.com dari Antara, Menkeu, Sri Mulyani berharap anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan langsung ke sekolah menunjukkan kehadiran negara dalam upaya menyederhanakan birokrasi.

Baca Juga: Persib Bandung: Mark Klok Lets Go Siap Membawa Piala BRI Liga 1 Bersama Pangeran Biru

"Anggaran yang diberikan langsung kepada sekolah seharusnya dinikmati (secara maksimal) oleh pendidik maupun peserta didik. Ini juga penting untuk menunjukkan kehadiran negara dalam upaya menyederhanakan birokrasi," ujar Menkeu Sri Mulyani

Ia mengatakan, program yang didukung oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu harus dikelola secara akuntabel.

"Penggunaan dana APBN yang langsung ditransfer ke sekolah ini harus tetap menjaga akuntabilitas," katanya.

Kemenkeu bersama dengan Kemendikbudristek dan Kementerian Dalam Negeri berkolaborasi dalam melakukan reformasi anggaran dan integrasi sistem informasi pengelolaan dana BOS untuk mengedepankan akuntabilitas anggaran serta untuk melihat efektivitas anggaran APBN.

Baca Juga: Berikut Persyaratan untuk Mendaftar Program KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022, Yuk Segera Lengkapi

Menurutnya, program Merdeka Belajar episode 16 cukup penting karena salah satu semangatnya adalah perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan serta pemberian otonomi yang lebih besar bagi satuan pendidikan untuk mereformasi anggaran di sekolah.

Ia mengapresiasi seluruh pihak yang terus menciptakan momentum perbaikan di dalam pendidikan di Indonesia.

"Program Merdeka Belajar merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperbaiki dan menjawab tantangan di dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," pungkas Sri Mulyani.***

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah