Indonesia Siaga Militer Penuh, Natuna Diamankan, China Protes dan Siap Lawan

- 1 April 2022, 09:47 WIB
Indonesia Siaga Militer Penuh, Natuna Diamankan, China Protes dan Siap Lawan
Indonesia Siaga Militer Penuh, Natuna Diamankan, China Protes dan Siap Lawan /zonajakarta/

BERITA BANTUL - Ancaman serius di Laut Natuna Utara tak bisa diabaikan. Indonesia siaga militer penuh dengan segala kondisi tak terduga di Laut Natuna.

Militerisasi yang dilakukan China untuk amankan Laut China Selatan dan beberapa misi intai kapal perang dari negara-negara Barat mengganggu kepentingan Nasional di ZEE Indonesia di Natuna Utara.

Beijing yang punya anggaran pertahanan terbesar kedua setelah AS itu telah membangun tiga kapal induk yang dilengkapi sistem rudal hipersonok dan jet tempur siluman J-20 di sana.

Baca Juga: Sengketa Natuna Utara, Militer Indonesia Punya 2 Kendala Serius

Adu kekuatan militer di Natuna Utara siap meledak kapan saja. Seperti dikutip BeritaBantul.Com dari Zonajakarta.com bahwa militer Indonesia mau tidak mau akan terlibat konfrontasi.

Pada bulan Oktober 2021 lalu bahkan kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth berada di ZEE Natuna Utara Indonesia, tak jauh dari Laut China Selatan.

Bukan tanpa sebab, kapal perang lambang supremasi Inggris ini sengaja berada di ZEE Natuna Utara Indonesia untuk menantang China.

Kapal survei Haiyang Dizhi 10 China yang mengetahui kedatangan HMS Queen Elizabeth langsung tancap gas dari Natuna Utara.

Ia takut lantaran yang datang kekuatan tempur utama angkatan laut dunia dimana HMS Queen Elizabeth dikawal kapal perang dari Belanda, AS, Selandia Baru, Jepang hingga Kanada.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: Zonajakarta.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah