Perbedaan Penentuan Hari Pelaksanaan Idhul Adha 1443 Hijriah/2022, Kamu Ikut Pemerintah Atau Muhammadiyah

- 8 Juni 2022, 10:30 WIB
Menyambut Idhul Adha dengan berpuasa arafah.
Menyambut Idhul Adha dengan berpuasa arafah. /pexels.com/Rodnae Production//

BERITA BANTUL – Idhul Adha merupakan salah satu hari besar umat muslim untuk menyempurnakan keimanan dan ketakwaan.

Namun disisi lain ada perbedaan hari antara Pemerintah dan Muhammadiyah dengan mengunnakan perhitungannya masing-masing.

Dikutip dari Antara, Profesor Riset Astronomi-Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin menyebut penentuan Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi berpotensi berbeda antara Pemerintah dengan Muhammadiyah karena masing-masing menggunakan metode yang berbeda.

Baca Juga: Luhut Umumkan Tiket Borobudur Naik, Gus Hilmy Nilai Akan Timbulkan Kesenjangan Wisatawan

"Ada beberapa pihak bertanya, apakah Idul Adha 1443 Hijriah seperti yang tercantum di kalender, Sabtu 9 Juli 2022? Idul Adha kali ini ada potensi perbedaan, 9 Juli dan 10 Juli 2022," ujar Thomas saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Ada dua kriteria utama yang digunakan di Indonesia yakni kriteria Wujudul Hilal dan kriteria baru MABIMS. Kriteria Wujudul Hilal yang digunakan Muhammadiyah mendasarkan pada kondisi bulan lebih lambat terbenamnya daripada matahari.

Sementara kriteria baru MABIMS berdasarkan pada batasan minimal untuk terlihatnya hilal (imkan rukyat atau visibilitas hilal), yaitu fisis hilal yang dinyatakan dengan parameter elongasi (jarak sudut bulan-matahari) minimum 6,4 derajat dan fisis gangguan cahaya syafak (cahaya senja) yang dinyatakan dengan parameter ketinggian minimum 3 derajat.

"Kriteria baru MABIMS digunakan oleh Kementerian Agama dan beberapa ormas Islam," kata dia. Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 10 Dzulhijah 1443 H atau hari raya Idul Adha jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Baca Juga: Bolehkah Mendistribusikan Daging Kurban Dalam Bentuk Olahan? Berikut Penjelasan Lengkap Dari MUI

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah