Ketua Umum Pagar Nusa Berharap Pagar Nusa Gorontalo Lestarikan Tradisi dan Bersinergi Menjaga Keamanan

- 19 Agustus 2023, 10:43 WIB
Ketua Umum Pagar Nusa Berharap Pagar Nusa Gorontalo Lestarikan Tradisi dan Bersinergi Menjaga Keamanan
Ketua Umum Pagar Nusa Berharap Pagar Nusa Gorontalo Lestarikan Tradisi dan Bersinergi Menjaga Keamanan /

NASIONAL - Ketua Umum Pagar Nusa, H. Muchamad Nabil Haroen resmi melantik dan mengukuhkan Pengurus Wilayah (PW) Pagar Nusa Gorontalo. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Hotel Damhil UNG pada 18-19 Agustus 2023.

Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Gubernur Ismail Pakaya, Ketua PWNU Gorontalo Ibrahim T. Sore, perwakilan dari Forkopimda, para Kiayi NU, Ketua-Ketua PW Badan Otonom NU, serta seluruh Ketua Pengurus Cabang PSNU se-Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pagar Nusa menekankan Gorontalo memiliki peran strategis dalam penyebaran Islam di Nusantara. Dengan julukan Kota Serambi Madinah yang melekat, Gorontalo mencerminkan perkembangan Islam di wilayah Indonesia Timur.

Baca Juga: Ketua Umum Pagar Nusa, Gus Nabil Haroen Himbau Kader Tanam Pohon dan Lestarikan Alam

"Oleh karena itu, sejalan dengan prinsip dakwah Nahdlatul Ulama, perkembangan Pagar Nusa di Gorontalo memiliki relevansi dan kepentingan yang tinggi. Kami, sebagai kader dan Pendekar Pagar Nusa, bertekad untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai dan tradisi lokal di Gorontalo." ungkap Gus Nabil, sapaan akrab Muchammad Nabil Haroen.

Terkait dengan identitas Gorontalo sebagai Kota Serambi Madinah, Gus Nabil Haroen menambahkan, Gorontalo seharusnya menjadi tempat yang kondusif untuk perkembangan nilai-nilai moderatisme dan kedamaian beragama.

" Hal itu sesuai dengan karakter Nahdlatul Ulama, prinsip-prinsip tawasuth, tasamuh, I’tidal, dan tawazun harus menjadi panduan tindakan bagi kader dan pendekar Pagar Nusa. Dengan demikian, kami memiliki peran dalam menjaga moralitas serta stabilitas keamanan bersama TNI-Polri di wilayah ini, dan juga dengan institusi lainnya." lanjut Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) itu.

Ia berharap Pagar Nusa di wilayah ini memiliki ciri khas dan karakter yang unik, mampu menjadi pusat pengkaderan dalam lingkungan Nahdlatul Ulama. Banyak kader Pagar Nusa yang telah menjadi profesional dan pemimpin di berbagai lembaga pemerintahan serta bidang lainnya.

Baca Juga: Siapkan Sertifikasi Profesi Pelatih, Gus Nabil: Pagar Nusa Tingkatkan Kualitas Pencak Silat

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x