Sejarah Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang Menjadi Kebanggaan dan Saksi Perkembangan Sepak Bola Indonesia

- 12 Maret 2022, 11:40 WIB
Stadiun Gelora Bung Karno
Stadiun Gelora Bung Karno /Tangkapan Layar YouTube/Cerita Bola/

BERITA BANTUL - di Indonesia mampu stadion utama Gelora Bung Karno adalah sebuah Stadion serbaguna di Jakarta Indonesia yang merupakan bagian dari Kompleks olahraga.

Gelanggang olahraga Bung Karno Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional Stadion ini diberi nama Gelora Bung Karno.

Untuk menghormati Soekarno presiden pertama Indonesia yang juga merupakan tokoh yang Mencetuskan gagasan pembangunan Kompleks olahraga ini, dirangkum BeritaBantul.com dari kanal YouTube Cerita Bola.

Baca Juga: Cek Fakta, Ini Pemain Katanya Lebih Hebat dari Cristiano Ronaldo, Ataukan Hanya Pesepak Bola yang Gagal

Gelora Bung Karno dibangun di era Presiden Soekarno dalam menyambut peluang dengan menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan Pesta olahraga Akbar di asia.

Asian games keempat setelah disetujui Bung Karno, langsung memerintahkan para bawahannya untuk segera merancang suatu Kompleks pusat olahraga modern.

Dan terlengkap sekaligus sebagai taman publik dan ruang terbuka hijau pembangunan stadion ini mengorbankan Empat Desa dengan lebih dari 60 ribuorang penduduk yang harus hengkang dari kampung halamannya.

Pada tanggal 21juli 1962 stadion utama berkapasitas 100.000 orang penonton sempurna dibangun di awal Februari 1960 tepatnya pada tanggal 8 Februari.

Presiden pertama Insinyur Soekarno menancapkan tiang pancang stadion utama sebagai pencanangan pembangunan Kompleks Asian Games.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: Cerita Bola


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah