Kisah Bung Karno Bersepeda, dari Romantisme hingga Ideologi Marhaenisme

- 19 Juli 2022, 18:12 WIB
Bung Karno berboncengan dengan Fatmawati
Bung Karno berboncengan dengan Fatmawati /Facebook/Aulia Rahmat/Facebook

BERITA BANTUL - Ada banyak sekali foto ikonik dari Soekarno, atau yang akrab disapa Bung Karno, baik semasa kolonial hingga Putra Sang Fajar ini dilengserkan oleh Orde Baru di medio 1960-an.

Dari foto di depan Landraad Bandung saat membacakan pledoi tersohor "Indonesia Menggugat" hingga foto-foto dengan pelbagai tokoh dunia.

Fotograf historik seperti berbagi api dengan Perdana Menteri Uni Soviet Nikita Sergeyevich Khrushchev dan Perdana Mentri India Jawaharlal Nehru, foto obrolan dengan John F. Kennedy, Joseph Broz Tito, Che Guevara, hingga artis kondang Amerika Marilyn Monroe.

Akan tetapi, dari semua gambar yang tertangkap kamera, foto bersepeda dengan sang Ibu Negara adalah foto terbaik dari semua foto Bung Besar.

Baca Juga: DAHSYAT, Saat Bung Karno Bagikan Zakat Fitrah di Makam Sunan Giri

Foto ini selain ikonik, juga menjadi semacam wakil dari romantisme khas ala Bung Karno. Sangat manis.

Ternyata bersepeda dengan Fatwamati di Uttar Pradesh ini bukan bagian resmi yang sengaja disiapkan pemerintah India saat Bung Karno berkunjung di India. Dalam perjalanan menuju Taj Mahal di Agra, mobil yang dikendarai Bung Karno mengalami kempes ban.

Selagi sopir, pengawal, dan ajudan sibuk mengganti roda ban mobil, Bung Karno menghampiri seorang warga India yang bersama masyarakat lain menyaksikannya di pinggir jalan.

Entah apa yang disampaikan Bung Karno, yang pasti sebentar kemudian warga India itu menyerahkan sepeda kepada Bung Karno.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x