Kisah Abdul Muthalib yang Menyembelih 100 Ekor Unta sebagai Ganti Nazar Menyembelih Abdullah

- 18 Juli 2022, 15:39 WIB
100 ekor unta sebagai ganti nazar menyembelih Abdullah
100 ekor unta sebagai ganti nazar menyembelih Abdullah /pixabay/Wolfgang_Hasselmann/

BERITA BANTUL - Nama Abdul Muthalib begitu populer bagi kita jika kita membaca sirah nabawiyah. Dialah kakek Rasulullah saw. yang sangat dihormati oleh masyarakat Quraisy.

Abdul Muthalib adalah pemuka Quraisy yang disegani yang selain karena kekayaannya juga karena kedudukannya. Dia merupakan tokoh Quraisy yang suaranya sangat didengar.

Nama aslinya adalah Syaibah bin Hasyim. Dinamakan Abdul Muthalib karena ada kaitannya dengan sang paman yang bernama Muthalib. Muthalib, yakni paman Abdul Muthalib, adalah saudara Hasyim, ayah dari Abdul Muthalib.

Ketika Abdul Muthalib masih kecil dan diajak oleh Muthalib, orang-orang menyangka bahwa Abdul Muthalib itu adalah budak Muthalib. Oleh karenanya, dia dikenal sebagai budak milik Muthalib yang dibahasaarabkan ‘Abdul Muthalib’.

Baca Juga: Sebelum Sayyidina Ali Melamar Sayyidah Fatimah, Ini 4 Sahabat Dekat Nabi yang ditolak Oleh Ummu Abiha

Perlu kita ketahui bahwa Bani Hasyim dan saudaranya, Bani Muthalib (bukan Bani Abdul Muthalib karena Bani Abdul Muthalib itu termasuk Bani Hasyim) itu merupakan dua subklan dari suku besar dan terhormat Quraisy.

Kedua bani tersebut dikenal akur dan saling mendukung. Hal ini tampak ketika Bani Hasyim tengah diembargo oleh para pembesar musyrik Quraisy, Bani Muthalib memberikan dukungan moral kepada Bani Hasyim.

Abdul Muthalib lahir di Madinah (dulu namanya masih Yatsrib). Oleh karenanya, ketika Rasulullah saw. berhijrah ke sana, beliau mendapatkan penghormatan yang sangat baik mengingat garis nasabnya juga masih berkerabat dengan Yatsrib.

Abdul Muthalib juga yang menjadi pemuka dalam pengelolaan Ka’bah beserta sumur Zamzam. Sumur Zamzam merupakan sumber air yang tiada habisnya dan menjadi sangat penting bagi kehidupan masyarakat Mekkah kala itu.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x