Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Dibuka, Menkeu Minta Proses Seleksi Harus Transparan dan Akuntabel

- 27 Februari 2022, 00:00 WIB
Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Dibuka, Menkeu Minta Proses Seleksi Harus Transparan dan Akuntabel
Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Dibuka, Menkeu Minta Proses Seleksi Harus Transparan dan Akuntabel /Tangkapan layar instagram/ @smindrawati/

BERITA BANTUL – Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali dibuka di tahun 2022.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan, saat pertama kali Dana Abadi Pendidikan dibentuk tahun 2010 jumlahnya masih sekitar Rp1 triliun, tetapi sekarang sudah Rp99,1 triliun.

Dana ini, lanjutnya, akan diwariskan dari generasi ke generasi. Ia meminta kepada seluruh jajaran pengurus LPDP untuk menyampaikan bagaimana pengelolaan dana, proses dan kriteria rekrutmen kepada publik secara transparan dan akuntabel.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Dibuka, Menkeu Minta Proses Seleksi Harus Transparan dan Akuntabel

“Dana ini akan terus diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, pengelolaannya harus dan terus-menerus dijaga, transparansi, akuntabilitas dan tata kelolanya,” ujar Menkeu dalam Pembukaan Beasiswa LPDP 2022 secara daring pada Jumat (25/02).

Menkeu menegaskan pengelolaan dana APBN dan dana abadi akan selalu dilaporkan, diaudit, dan disampaikan jumlah pengelolaan dana, pendapatan dari investasi, dan penggunaan dana investasi.

“Dana ini adalah dana dari APBN, berasal dari dan dibayar oleh pajak dari masyarakat. Ini adalah bentuk keberpihakan. Dan oleh karena itu, dari sisi pengelolaan dan alokasi harus bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, bangsa Indonesia,” ujar Menkeu.

Selain pengelolaan dana, Menkeu berharap pelaksanaan seleksi beasiswa LPDP dilakukan secara good governance, transparan, dan akuntabel serta melibatkan pihak independen.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Dibuka 25 Februari 2022: Tandai Kalendermu, Berikut Jadwal Lengkapnya

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: Kemenkeu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x