Pengertian Regulasi Diri Menurut Albert Bandura dan Zimmerman

- 12 Desember 2022, 10:00 WIB
Pengertian Regulasi Diri Menurut Albert Bandura dan Zimmerman
Pengertian Regulasi Diri Menurut Albert Bandura dan Zimmerman /Pixabay

PSIKOLOGI - Dalam ilmu Psikologi ada istilah Regulasi Diri atau Self Regulation, yang merupakan kemampuan seseorang untuk mengatur mengarahkan, mengontrol diri agar tetap pada tujuan yang ingin dicapai dan sesuai dengan standar yang dihendaki.

Akar dari teori Regulasi Diri adalah Teori Sosial Kognitif yang dikembangkan oleh Albert Bandura.

 

Regulasi diri menurut Bandura adalah suatu kemampuan yang dimiliki manusia berupa kemampuan berfikir dan dengan kemampuan itu mereka memanipulasi lingkungan, sehingga terjadi perubahan lingkungan akibat kegiatan tersebut.

Baca Juga: Cara Meraih Ilmu yang Berkah dan Bermanfaat Menurut KH Maimoen Zubair Sarang

Menurut Bandura seseorang dapat mengatur sebahagian dari pola tingkah laku dirinya sendiri. Secara umum regulasi diri adalah tugas seseorang untuk mengubah respon-respon, seperti mengendalikan impuls perilaku (dorongan perilaku), menahan hasrat, mengontrol pikiran dan mengubah emosi.

Regulasi diri adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu dalam mengontrol tingkah laku, dan memanipulasi sebuah perilaku dengan menggunakan kemampuan pikirannya sehingga individu dapat bereaksi terhadap lingkungannya.

Menurut Zimmerman, Regulasi Diri berkaitan dengan bagaimana individu mengaktualisasikan dirinya dengan menampilkan serangkaian tindakan yang ditujukan pada pencapaian target.

Dalam pencapaian target tersebut mengacu pada pikiran, perasaan dan tingkah laku dalam membuat suatu perencanaan terarah.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kecil yang Akan Mengubah Hidupmu

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x