Menjangkau Laut dan Darat Sekaligus, Karomah Syaikhona Kholil Bangkalan Dikagumi Ulama Makkah

- 11 Februari 2022, 18:14 WIB
Karomah Syaikhona Kholil Bangkalan
Karomah Syaikhona Kholil Bangkalan /bangkitmedia/

BERITA BANTUL - Syaikhona Kholil Bangkalan Madura adalah guru para ulama besar di Nusantara. Murid-muridnya menjadi panutan bangsa, seperti KH Hasyim Asy'ari, KH Munawwir Krapyak, KH Wahab Chasbullah, dan lain sebagainya. 

Syaikhona Kholil bukan saja terkenal luas ilmunya, tapi juga sangat disegani kharisma dan karomahnya. Para santri menjadi saksi nyata. 

Proses berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) berada dalam isyarat Syaikhona Kholil. Makanya, makamnya tak pernah sepi dari peziarah dari segala penjuru Nusantara.

Baca Juga: Kisah Bupati Menguji Kewalian Syaikhona Kholil Bangkalan, Cerita Gus Muwafiq dari Gus Dur

Baca Juga: Humor Gus Dur yang Membuat Pak Harto Takluk, Kyai Pelosok Kampung Jadi Saksi Tawa Ngakak

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari kanal Youtube HSYP Chanel, Syaikhona Kholil dikisahkan pernah menjadi sosok yang sangat mengagumkan kecerdasannya ketika berada di Makkah. 

Syaikhona Kholil pernah mengaji kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, guru besar Masjidil Haram. Saat itu, Syaikhona Kholil bersama para Nusantara lainnya seperti Imam Nawawi Banten, Syekh Khotib Sambas, dan lainnya. 

Ketika sudah matang keilmuannya, Syaikhona Kholil menghadiri diskusi para ulama. Diskusinya dikenal dengan istilah bahtsul masail. 

Para Ulama Makkah berkumpul di Masjidil Haram untuk berdiskusi membahas masalah dan hukum Islam yang sedang terjadi di Makah. Semua masalah dapat diselesaikan kecuali mengenai halal haramnya kepiting dan rajungan yang terdapat banyak pendapat dan tidak menemukan solusi.

Karena kondisi diskusi macet itu, Syaikhona Kholil akhirnya angkat bicara.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Youtube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x