Pengusaha China Rasakan Karomah Syaikhona Kholil, Kata Cak Nun: Tidak Percaya, Ayo Tanyakan Sendiri

- 7 Maret 2022, 17:13 WIB
Cak Nun Beberkan Karomah Syaikhona Kholil Bangkalan untuk Indonesia
Cak Nun Beberkan Karomah Syaikhona Kholil Bangkalan untuk Indonesia /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Syaikhona Kholil Bangkalan, Madura punya posisi dan peran sentral dalam sejarah Islam di Indonesia abad ke-20.

Ia adalah gurunya para ulama besar di Nusantara. Untuk menyebut misalnya, Kiai Hasyim Asy’ari, yang kemudian hari mendirikan Nahdlatul Ulama (NU).

Selain Kiai Hasyim Asy'ari, masih banyak ulama-ulama besar lainnya yang nyantri dengan Syaikhona Kholil. Para santri selalu punya kesan khusus atas karomah sang kiai.

Baca Juga: Prediksi Perang Dunia Ketiga, Cak Nun Ingatkan Ilmu Kelas Tinggi Syaikhona Kholil Bangkalan

Tidak hanya ulama dari Indonesia, para saudagar dan pengusaha kaya raya zaman itu pun sowan ke kediaman Syaikhona Kholil di Madura.

Cak Nun mengisahkan dua pengusaha dari China sowan ke Syaikhona Kholil. Dikutip beritabantu.com dari Youtube NGAJI BARENG, Cak Nun menjelaskan, Syaikhona Kholil itu gurunya semua orang.

“Syaikhona Kholil itu gurunya semua orang. Imam Lapeo dari Mandar yang juga Waliullah, saya dekat dengan beliau, itu berguru ke sini (Syaikhona Kholil), dan banyak yang berguru ke sini,” katanya.

Menurutnya, tidak hanya orang Islam. Syaikhona Kholil itu, ungkap Cak Nun, penuh kasih sayang dan mendalam ilmunya tentang kehidupan.

Baca Juga: Sudah Lumpuh Dikejar Pedang, Karomah Syaikhona Kholil Mendidik Umat Bertaubat

“Ada 2 pengusaha China yang datang kepada beliau. Syaikh saya dikasih apa? Syaikhona menjawab kamu jualan rokok saja,” ungkap Cak Nun.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Youtube Ngaji Bareng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x