Karomah Gus Miek Kecil dalam Isyarat Batiniyah Kiai Mahrus Aly Lirboyo

- 8 Maret 2022, 18:05 WIB
Gus Miek dan KH Mahrus Aly Lirboyo
Gus Miek dan KH Mahrus Aly Lirboyo /kolase facebook/udin/

BERITA BANTUL - Gus Miek kecil sudah masyhur bagi para santri Ploso ihwal keunikan dan gaya nylenehnya. Karena putra ulama besar, dipahami sebagai satu keistimewaan yang langka.

Salah satu ulama yang mampu menembus mata batin Gus Miek adalah KH Mahrus Aly Lirboyo Kediri. Kiai Mahrus bukan saja dikenal luas ilmunya, tapi juga tinggi tingkat karomahnya. 

Gus Miek kecil yang jadzab itu kemudian berlabuh dalam pangkuan ilmu di Pesantren Lirboyo yang didirikan KH Abdul Karim.

Baca Juga: Zuhud Mbah Abdul Karim Lirboyo, Tidak Tahu Nominal Uang, Tidak Pernah Lihat Jumlah Salam Tempel

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari kanal Youtube Bangkit TV, dikisahkan bahwa hubungan antara Pesantren Al-Falah Ploso dan Pesantren Lirboyo memang sangat akrab, terlebih hubungan para kiainya yang santun dan penuh karomah.

Dikisahkan, KH. A Djazuli Utsman, sang pendiri Pesantren Al-Falah Ploso seringkali menerima undangan-undangan pernikahan, perayaan hari Islam, acara pondok-pondok lain menyempatkan dirinya untuk hadir meskipun ke tempat yang lebih jauh.

Biasanya, Kiai Djazuli  dijemput bersama-sama dengan KH Marzuki Dahlan Lirboyo dan KH Mahrus Aly Lirboyo yang mana pada saat itu Pondok Lirboyo diasuh oleh kedua menantu Simbah KH Abdul Karim (sang muassis Pondok Lirboyo) Kediri.

Terkadang, KH Djazuli tampil mengisi acara baik sebagai pembicara dan pembacaan doa yang diisi oleh KH Marzuki Dahlan atau KH Mahrus Aly Lirboyo.

Baca Juga: GEGER SUNGAI BRANTAS, Gus Miek Hilang Tenggelam, Ternyata Ngaji dengan Nabi Khidir

Tiga kiai tersebut pada jaman itu menjadi rujukan masyarakat Kediri dan sekitarnya, karena keulamaan, kezuhudan, dan karomah yang dimiliki ketiganya. 

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Bangkit TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x