Peristiwa Bulan Syawal: Peran Para Perempuan dalam Perang Uhud yang Tak Banyak Diketahui

- 17 Mei 2022, 08:44 WIB
/pixabay/Konevi

BERITA BANTUL – Peradaban manusia ini memang didominasi oleh kaum laki-laki. Akan tetapi, bukan berarti bahwa kaum perempuan juga tidak punya peran sama sekali.

Dalam sejarah peradaban Islam pun disebutkan beberapa tokoh perempuan yang mampu berperan dalam berbagai posisi penting.

Di antara peran perempuan yang berpengaruh, terlihat dalam peristiwa perang Uhud.

Baca Juga: Peristiwa Bulan Syawal: Kesyahidan Hamzah bin Abdil Mutthalib yang Mengerikan pada Perang Uhud

Dikutip dari buku Membaca Sirah Nabi Muhammad saw. (Lentera Hati, 2012) karya M. Quraish Shihab, disebutkan bahwa sekian banyak perempuan berperanan besar, bukan saja dalam membantu dan merawat yang luka, tetapi juga mengangkat senjata.

Nasibah binti Ka’ab yang digelari dengan Ummu ‘Imarah terlibat bersama suami dan kedua anaknya dalam Perang Uhud. Perempuan mulia ini ikut membela Rasulullah saw. sampai dia sendiri terluka, tetapi juga berhasil melukai dengan pedang atau tombaknya dua belas orang musuh.

Fatimah putri Rasulullah saw. pun berperan dalam merawat Rasulullah saw. dan mengobati luka-luka yang parah yang didapatkan dari pertempuran di Uhud tersebut.

Baca Juga: Peristiwa Bulan Syawal: Kekalahan Pasukan Islam di Medan Uhud 

Dalam buku The Great Episodes of Muhammad saw. (Noura Books, 2015), Dr. Al-Buthy menyebutkan bahwa pasukan musyrik berhasil mendekati tempat Rasulullah saw. berada.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x