Harapan di Dunia Ini Tidak akan Sempurna Kecuali dengan 4 Hal, Inilah Nasihat Imam Al-Syafi’i

- 3 Juni 2022, 09:49 WIB
/pixabay/ColiN00B/

BERITA BANTUL – Setiap dari kita tentu mempunyai harapan-harapan yang ingin kita wujudkan. Harapan-harapan itu muncul dari kondisi kita yang berkebalikan dengan harapan tersebut.

Misalkan ketika seseorang itu miskin, maka ia berharap menjadi orang kaya. Ketika seseorang itu dalam kondisi sakit, harapannya adalah kesembuhan dan kesehatan. Begitu juga kondisi-kondisi yang lainnya.

Sebaiknya, harapan-harapan yang menjadi dambaan itu adalah berupa kebajikan-kebajikan yang bisa menuntun kita pada jalan ketakwaan kepada Allah.

Baca Juga: Kisah Sari Al-Saqathi sang Pedagang Barang-Barang Bekas, Terbukanya Jalan Sufi

Meskipun harapan tersebut bersifat duniawi, namun jika itu dilakukan dengan tidak melanggar syariat dan agar mempermudah perilakunya untuk mendekatkan diri kepada Allah, maka itu menjadi bersifat ukhrawi bahkan ilahiah.

Sementara itu, Imam Al-Syafi’i pernah menyatakan bahwa harapan di dunia ini tidak akan sempurna kecuali dengan empat hal. Lantas, apa saja empat hal tersebut?

Dikutip dari buku berjudul Manaqib Imam Asy-Syafi’i (Al-Kautsar, 2017) karya Imam Fakhruddin Ar-Razi, disebutkan beberapa kata mutiara sang Imam yang di antaranya ialah tentang harapan ini.

Baca Juga: Doa Agar Awet Muda, Wajah Bersinar dan Glowing Tanpa Filter dan Skincare

Menurut Imam Al-Syafi’i, harapan di dunia ini tidak akan sempurna kecuali dengan empat hal; agama, menjaga diri, keseriusan, dan amanah.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x