Pergi Naik Haji ke Tanah Suci namun Belanja Banyak Sekali, Begini Nasihat M. Quraish Shihab

- 23 Juni 2022, 22:07 WIB
Membeli oleh-oleh haji di Tanah Suci
Membeli oleh-oleh haji di Tanah Suci /pixabay/pictavio/

BERITA BANTUL – Naik haji ke Tanah Suci adalah impian bagi setiap umat Islam. Mereka senantiasa mencita-citakan untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima itu.

Tidak jarang naik haji ke Tanah Suci itu menjadi sesuatu yang megah bagi masyarakat kita. Mereka yang menunaikannya pun menginginkan untuk membawa oleh-oleh yang banyak untuk dibagikan kepada keluarga, saudara, kerabat, tetangga, dan teman.

Dengan demikian, tidak jarang mereka yang naik haji itu kalang kabut belanja banyak sekali barang yang ada di Tanah Suci untuk oleh-oleh. Lantas, bagaimana hal yang demikian itu? Simak nasihat dari M. Quraish Shihab berikut ini.

Baca Juga: Banyak Orang yang Melakukan Umrah Berkali-kali, Begini Menurut M. Quraish Shihab, Pahami agar Tidak Salah

Dinukil dari buku berjudul Haji dan Umrah bersama M. Quraish Shihab (Lentera Hati, 2018), begini nasihatnya mengenai haji sambil melakukan aktivitas belanja.

Menurutnya, ketika akan memasuki pelaksanaan ibadah haji, agar jemaah itu menangguhkan aktivitas berbelanja sampai selesainya ibadah haji.

Tidak jarang mereka mengabaikan anjuran-anuran tersebut, justru mengorbankan amalan-amalan keagamaan yang tidak dapat dilakukan kecuali di Tanah Suci.

Baca Juga: Orang yang Naik Haji Itu akan Dibalas Dosanya di Tanah Suci, Mitos atau Fakta? Begini Kata M. Quraish Shihab

Misalnya meninggalkan shalat berjemaah di Masjidil Haram, karena keasyikan berbelanja atau terpaksa shalat di lobi hotel atau di jalan karena sulit membawa hasil belanja ke dalam masjid.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x