Pelaksanaan Penyembelihan Kurban di Bantul akan Diawasi Praktisi Kesehatan Hewan

- 7 Juli 2022, 14:00 WIB
Pelaksanaan Penyembelihan Kurban di Bantul akan Diawasi Praktisi Kesehatan Hewan
Pelaksanaan Penyembelihan Kurban di Bantul akan Diawasi Praktisi Kesehatan Hewan /Pemkab Bantul

BERITA BANTUL - Praktisi kesehatan hewan akan awasi pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Bantul.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar Bimtek Pemotongan Hewan Kurban bagi para petugas pemeriksa hewan kurban.

Sebagaimana dikutip dari Pemkab Bantul, Acara tersebut dilaksanakan pada Hari Rabu, 6 Juli 2022 di Gedung Induk Lantai 3.

Baca Juga: Wajib Kunjung Museum (WKM) Kembali Digelar Setelah Dua Tahun Vakum

Peserta Bimtek ini berjumlah 150 orang, meliputi petugas pemeriksa, baik inseminator, praktisi kesehatan hewan, dokter hewan, serta , mahasiswa fakultas kedokteran hewan. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, dalam sambutannya menuturkan bahwa tujuan pelaksanaan Bimtek Pemotongan Hewan Kurban ini untuk memantau pelaksanaan Idhul Adha yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10  Juli Tahun 2022. 

“Selain memantau terlaksanakannya kurban pada Idhul Adha mendatang, bagi semua petugas pengawas kurban untuk lebih memperhatikan kesehatan hewan kurban serta pendataan kembali. Mengingat  pada tahun lalu saat pelaksanaan kurban tidak diawasi dengan baik karena terbatasnya jumlah pengawas yang bertugas,” tutur Joko Waluyo.
 
Sementara itu Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo menambahkan, ada lima hal penting yang harus di perhatikan sesuai dengan SOP yang disarankan oleh Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan. 

Baca Juga: Bolehkah Kerbau arau Rusa Dijadikan Hewan Kurban? Buya Yahya Jelaskan Begini

“Kita harus memastikan pendataan dengan akurat, standar kesehatan juga harus di pastikan. Para peserta, terutama dokter hewan untuk berani memberi surat rekomendasi, jika ada hewan yang sakit untuk tidak di kurbankan.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: Pemkab Bantul


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x