Gus Baha Bercita-cita Menjadi Wali, Abi Quraish Shihab: Jangan Beranggapan Wali Itu Syaratnya Harus Keramat

- 6 Juli 2022, 16:30 WIB
Gus Baha dan M. Quraish Shihab
Gus Baha dan M. Quraish Shihab /Tangkap Layar YouTube/Najwa Shihab/

BERITA BANTUL – Dalam beberapa kesempatan, Gus Baha menyampaikan dengan nada jenaka bahwa dirinya bercita-cinta menjadi wali. Wali adalah kekasih Allah.

Gus Baha menyampaikan cita-citanya untuk menjadi wali itu karena terpengaruh dari ayah dan kakeknya beserta keluarga mereka yang juga para wali.

Abi Quraish Shihab pun berkomentar bahwa wali itu syaratnya tidak harus ada keramatnya. Begitulah nasihatnya.

Kewalian memang lebih cenderung pada pengertian kekasih Allah. Sementara itu, menjadi kekasih Allah itu belum tentu berkeramat.

Baca Juga: Bolehkah Seseorang Itu Berkurban padahal Dirinya Belum Diakikahi? Begini Penjelasan Gus Baha

Keramat dalam konteks terminologi ini adalah kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang terjadinya itu di luar nalar.

Keramat mirip dengan mukjizat. Bedanya, jika mukjizat itu hanya bisa dilakukan oleh para nabi dan rasul. Level keramat dengan demikian masih di bawah mukjizat.

Dalam berbagai perbincangan tentang kewalian, biasanya orang-orang menyebutkan bahwa seorang wali itu bisa terbang, berjalan di atas air, dalam sekejap mampu berpindah ke tempat yang jauh, dan lain sebagainya.

Itulah keramat. Hanya saja, sebagaimana yang disampaikan oleh Abi Quraish Shihab, untuk menjadi wali itu tidak harus seperti itu.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: YouTube Najwa Shihab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x