Begini Penjelasan M. Quraish Shihab tentang Tata Cara Minum Air Zamzam, Sambil Baca Doa dan Panjatkan Harapan

- 24 Juni 2022, 07:38 WIB
M. Quraish Shihab
M. Quraish Shihab /Tangkap layar Youtube.com/Najwa Shihab

BERITA BANTUL – Air zamzam adalah keajaiban yang Allah limpahkan kepada umat manusia di Bumi. Ia ada untuk pelepas dahaga di antara sekian banyak manusia yang meminumnya.

Air zamzam berada di Mekkah dan merupakan penyebab awal mula Mekkah menjadi sebuah kota yang ramai penduduk dan peziarah. Ia ada karena kasih sayang Allah dengan hentakan kaki mungil Nabi Ismail yang masih kecil.

Ia adalah air terbaik di dunia. Meminumnya pun bermanfaat selain sebagai pelepas dahaga.

Baca Juga: Ada Barang yang Hilang, Baca Doa yang Diajarkan Umar bin Khatthab Ini, Semoga Barang Tersebut Ketemu

Air zamzam memang tidak sakral, namun mempunyai sejarah tersendiri sebagai air yang diberkahi. Dengan demikian, meminumnya pun hendaknya dengan penuh penghayatan akan rasa syukur kepada Allah dan berharap kebajikan dengan memanjatkan doa.

Dikutip dari buku berjudul Haji dan Umrah bersama M. Quraish Shihab (Lentera Hati, 2018), M. Quraish Shihab menyebutkan tata cara meminum air zamzam menurut para ulama.

Cukup banyak riwayat yang menjelaskan keutamaan air zamzam dan keutamaan meminumnya sambil berdoa. Sebagian ulama mengajarkan agar memulai doa dengan berucap:

Baca Juga: Kisah Ibrahim Al-Khawwash dengan Binatang Buas dan Nyamuk, Perbedaan bersama Allah dan bersama Diri Sendiri

Ya Allah, aku mendengar bahwa Nabi-Mu bersabda bahwa “zamzamu lima syuriba lahu (zamzam yang diminum sesuai dengan niat meminumnya)” maka aku ini meminumnya dengan harapan … (sebutkan apa yang diinginkan dan diharapkan).

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x