Jangan Berlebihan dalam Beribadah dan Cintailah Diri Sendiri, Abi Quraish Shihab: Badanmu Juga Punya Hak

- 11 Juli 2022, 18:30 WIB
M. Quraish Shihab jelaskan perihal mencintai diri sendiri
M. Quraish Shihab jelaskan perihal mencintai diri sendiri /Tangkap Layar YouTube/Najwa Shihab/

BERITA BANTUL – Beribadah kepada Allah itu adalah hak Allah yang harus ditunaikan oleh hamba-Nya. Akan tetapi, jangan berlebihan karena badan manusia itu juga punya hak. Demikian menurut Abi Quraish Shihab.

Selain beribadah kepada Allah, kita juga harus mencintai diri sendiri karena badan kita pun mempuyai hak yang harus dipenuhi.

Mencitai diri sendiri ini memang juga harus diperhatikan karena tidak mungkin badan kita ini diajak untuk beribadah kepada Allah jika tidak diperhatikan kesehatannya.

Abi Quraish Shihab menceritakan bahwa pada zaman Nabi Muhammad saw. ada seorang yang maunya ibadah saja.

Baca Juga: Lakukan Doa Pada Dua Waktu Ini Pasti Akan Cepat Terkabul Ungkap Ustadz Adi Hidayat

Ia pun ditegur bahwa Tuhan itu punya hak yang harus ditunaikan olehnya (dengan beribadah). Hanya saja, badan pun punya hak yang harus dipenuhi. Demikian juga keluarga yang harus diperhatikan.

Oleh karenanya, mencintai diri sendiri itu juga perlu. Paling tidak, mencintai diri sendiri itu memperhatikan diri sendiri untuk kebaikan dan kemaslahatan.

Akan tetapi, mencintai diri sendiri itu juga tidak boleh sembarangan. Mencintai diri sendiri itu bukanlah memanjakan diri sehinga menerabas batas-batas syariat.

Abi Quraish Shihab pernah menyampaikan, “Cinta itu, biasanya kita tidak paham siapa yang kita cintai sehingga salah. Contohnya, kita mencintai anak. Tapi biasanya kita salah dalam mencintai anak. Kita malah memanjakannya.”

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: YouTube Najwa Shihab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah