Misteri Labu dan Nabi Yunus yang Ditelan oleh Ikan, Menyingkap Manfaat Labu sebagai Nikmat Allah

- 29 Juli 2022, 17:00 WIB
Labu dan kisah Nabi Yunus a.s.
Labu dan kisah Nabi Yunus a.s. /pixel2013/pixabay

BERITA BANTUL - Ketika Nabi Yunus a.s. ditelan ikan, dia pun berdoa dengan doa yang terkenal dalam surah Al-Anbiya' ayat 87:

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

Artinya: Tidak ada tuhan selain Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim.

Nabi Yunus a.s. langsung diselamatkan dan dikeluarkan oleh Allah dari perut ikan. Pohon yang ditumbuhkan Allah untuknya adalah pohon 'Yaqthin'.

Baca Juga: Ini Tembang yang Mengisahkan Kisah Hidup Manusia, Kamu Harus Tahu Kalau Ingin Bahagia Kata Gus Muwafiq

Cerita ini disebutkan Allah dalam QS. Al-Shaffat ayat 142-147:

فَالْتَقَمَهُ الْحُوْتُ وَهُوَ مُلِيْمٌ فَلَوْلَآ اَنَّهٗ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِيْنَ ۙ لَلَبِثَ فِيْ بَطْنِهٖٓ اِلٰى يَوْمِ يُبْعَثُوْنَۚ ۞ فَنَبَذْنٰهُ بِالْعَرَاۤءِ وَهُوَ سَقِيْمٌ ۚ وَاَنْۢبَتْنَا عَلَيْهِ شَجَرَةً مِّنْ يَّقْطِيْنٍۚ وَاَرْسَلْنٰهُ اِلٰى مِائَةِ اَلْفٍ اَوْ يَزِيْدُوْنَۚ

Artinya: Maka dia ditelan ikan besar dalam keadaan tercela. Maka sekiranya ia tidak termasuk orang yang banyak berrzikir. Niscaya ia akan tetap tinggal dalam perut ikan itu sampai hari berbangkit. Kemudian kami lemparkan ia ke daratan yang tandus, sedang ia sakit. Kemudian untuknya Kami tumbuhkan pohon "Yaqthiin". Kemudian Kami utus dia pada seratus ribu orang atau lebih.

Yaqthin dipahami oleh para mufasir sebagai semua pohon yang tidak mempunyai batang seperti semangka, mentimun, dan labu (Tafsir Al-Wasith).

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah