Gus Baha Sosok Santri Kesayangan Mbah Maimoen Zubair, Ternyata Pernah Mau Ngaji di Yaman Tapi Gagal

- 26 Desember 2022, 21:52 WIB
Gus Baha Sosok Santri Kesayangan Mbah Maimon.
Gus Baha Sosok Santri Kesayangan Mbah Maimon. /youtube @NU Nusantara/

HIKMAH - Gus Baha Sosok Santri Kesayangan Mbah Maimoen Zubair, Ternyata Pernah Mau Ngaji di Yaman Tapi Gagal.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim biasa disebut Gus Baha adalah ulama masyhur yang tetap rendah hati dan tinggal di desa, yakni Narukan Rembang Jawa Tengah. 

Walaupun namanya sudah masyhur dan sering mendapatkan undangan mengisi ngaji di forum bergengsi, Gus Baha ternyata masih tidak memiliki handphone.

Baca Juga: Cium Hajar Aswad Apakah Tanda Menyembahnya? Kisah Sayyidina Umar Jadi Jawabnya Kata Gus Baha

Karena lama mengaji dengan KH Maimoen Zubair, Gus Baha selalu menyebut gurunya itu dalam berbagai kesempatan ngajinya. 

Gus Baha akhirnya disebut sebagai salah satu santri kesayangan KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) dan juga disebut santri Mbah Moen yang sangat alim. 

Siapakah sebenarnya sosok Gus Baha? Sebagaimana dikutip dari Pikiran Rakyat, Gus Baha lahir pada 29 September 1970 di Rembang, Jawa Tengah.

Gus Baha merupakan putra dari ulama pakar Al-Qur’an dan pengasuh Pondok Pesantrem Tahfidzul Qur’an LP31A, KH. Nursalim al-Hafizh. 

Gus Baha, generasi ke empat ulama-ulama ahli Al-Qur'an. Sedangkan dari silsilah keluarga ibu, dia menjadi bagian dari keluarga besar ulama Lasem, dari Bani Mbah Abdurrahman Basyaiban atau Mbah Sambu. 

Gus Baha’ kecil memulai menempuh ajaran agama dan hafalan Al-Qur’an di bawah asuhan ayahnya sendiri. Hingga pada usia yang masih sangat belia, ia telah mengkhatamkan Al-Qur’an beserta Qiro’ahnya. 

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x