PARAH! Malaysia Klaim Reog Ponorogo Sebagai Budaya Mereka, Bahkan Sampai Daftarkan Ke UNESCO

- 10 April 2022, 06:09 WIB
Reog Ponorogo Diklaim Malaysia dan Daftarkan Ke UNESCO
Reog Ponorogo Diklaim Malaysia dan Daftarkan Ke UNESCO /Kolase Facebook Ponorogo Update/

BERITA BANTUL - Malaysia kembali membuat warga Indonesia marah, karena lagi-lagi ia mengklaim bahwa Reog Ponorogo adalah kebudayaan mereka.

Kesenian asal Jawa Timur yaitu Reog Ponorogo disebut diklaim Malaysia kembali dan akan mendaftarkan kepada UNESCO sebagai warisan budaya mereka.

Namun pasalnya, Malaysia mendaftarkan nama Reog Ponorogo dengan nama "Barongan" sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) kepada UNESCO.

Baca Juga: Mudik Pantura Jalannya Rusak, Saatnya Pulang Kampung Melalui Pansela, Caknan: Gass Poll

UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) adalah badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki fungsi untuk mempromosikan kerja sama dalam bidang pendidikan, ilmu pemgetahuan dan budaya.

Selanjutnya, hal ini dikonfirmasi oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy lewat sebuah keterangan video.

"Untuk Reog, ternyata Negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka dari itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita," kata Muhadjir.

Muhadjir juga sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah mengajukan kesenian Reog Ponorogo ke Unesco pada 18 Februari 2022 sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Baca Juga: Program Mudik Gratis 2022, Kemenhub, Jasa Raharja dan Pemprov DKI, Berikut Info Terlengkapnya

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x