Stok Daging Menipis Jelang Idhul Adha, Mentan Siap Amankan Pasokan Daging Sapi

- 7 Juni 2022, 09:45 WIB
Hewan ternak terkena PMK tidak sah untuk disembelih sebagai hewan kurban.
Hewan ternak terkena PMK tidak sah untuk disembelih sebagai hewan kurban. /Antara/Novrian Arbi/

BERITA BANTUL – Dengan mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak membuat stok daging untuk kurban menipis.

Karena dalam krisi seperti ini tentu harus diadakan penangana upaya untuk membuat stok daging tidak habis.

Sedangan dari hewan ternak sendiri banyak yang tidak bisa dikeluarkan karena terkena penyakit mulurt dan kuku yang sedang terjadi.

Baca Juga: Ratusan Hewan Ternak di Cianjur Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Dikutip dari Antara, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan pasokan daging sapi aman untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha dengan jumlah stok sebanyak 42.268 ton.

Mentan Syahrul dalam keterangan resmi yang dikutip usai mengecek langsung pasokan daging di Jakarta, Senin, mengatakan ketersediaan daging menjelang Idul Adha telah mencukupi untuk konsumsi dalam negeri.

Ia pun memastikan Kementerian Pertanian bersama pemerintah daerah terus melakukan upaya penanganan dan pengendalian terhadap wabah penyakit mulut dan hewan (PMK) yang menjangkit ternak di beberapa daerah.

Terkait keamanan stok dari ancaman PMK, ia menegaskan bahwa saat ini telah dilakukan pembatasan lalu lintas ternak secara ketat guna mencegah penyebaran penyakit tersebut agar daging sapi bisa aman dikonsumsi.

Baca Juga: 3 Poin HKTI Menyarankan Pembutukan Satgas Wabah PMK Untuk Hewan Ternak Kurban

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah