Pemerintah, NU, Muhammadiyah! MUI Himbau Selalu Hormati Perbedaan Perihal Hari Raya Idhul Adha

- 30 Juni 2022, 21:30 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI) himbau umat islam selalu jaga perbedaan
Majelis Ulama Indonesia (MUI) himbau umat islam selalu jaga perbedaan /mui.or.id/

BERITA BANTUL – Perbedaan bisa menjadi sebuah konflik menetapkan hari raya Idhul Adha antara pemerintah, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Namun, perbedaan ini akan menjadi indah kalau semua saling menghormati semua yang diputuskan negara atau ormas yang diikutinya.

Maka dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Islam untuk saling menghormati dalam menyikapi perbedaan penetapan Idul Adha antara keputusan pemerintah dengan Muhammadiyah.

Baca Juga: Cegah Wabah PMK, Pemda Bantul Launching Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku

"Hal seperti ini adalah hal biasa terjadi di tengah-tengah kita, tapi jangan jadikan perbedaan itu menjadi perpecahan. Adanya perbedaan itu untuk saling menghormati," ujar Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Abdullah Jaidi saat sidang isbat penetapan 1 Zulhijah di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022, setelah diputuskan dalam sidang isbat pada Rabu.

Di kutip, Keputusan itu diambil setelah menerima laporan dari 86 titik pemantauan hilal. Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi antara 0 derajat 52 menit sampai dengan 3 derajat 13 menit dengan sudut elongasi 4,27 derajat sampai dengan 4,97 derajat.

Baca Juga: KH Ma'ruf Amin Himbau Warga Untuk Mengawasi Tempat Pemotongan Hewan Kurban Untuk Menghidari Penyebaran PMK

Sementara metode yang digunakan pemerintah dalam menentukan awal bulan Hijriah, MABIMS, menyatakan ketinggian tersebut belum memenuhi kriteria awal bulan baru.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah