Jadi Santri Berat Tidak! Ini Jawabannya Santri Modern, Nyantri Sekaligus Sekolah

- 1 November 2022, 12:30 WIB
santri pandanaran sedang upacara
santri pandanaran sedang upacara /suarapandanaran.com/Pandanaran

 

Menjadi santri memang tidak mudah, tetapi begitu hebatnya mereka yang menjadi santri modern.

Santri zaman now, julukannya. Ya, santri yang harus tanggap dengan zaman modern serba serbi teknologi.

Untuk itu, santri modern tidak hanya melulu belajar tentang agama, tetapi bagaimana santri tersebut dapat menjawab tantangan zaman modern. Ingin lebih tahu tentang santri modern, yuk simak dibawah ini.

Baca Juga: Makanan Sehat Ala Santri Pandanaran Sleman Yogyakarta

Santri modern adalah santri yang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, serta tetap berpegang teguh pada nilai-nilai agama Islam. Santri modern merupakan wajah penyeimbang dunia. Seimbang dalam ilmu agama maupun ilmu dunia. Tentu, hadirnya santri modern karena adanya pesantren modern. Pesantren modern merupakan sebuah pesantren yang memiliki visi dan misi yang dapat melahirkan santri-santri yang berkarakter, memiliki nilai-nilai pesantren, dan menguasai ilmu-ilmu modern yang selaras dengan perkembangan zaman, seperti ilmu pengetahuan umum, teknologi, ilmu bahasa, dan lain-lain.

Ada salah satu pesantren yang melahirkan santri modern, yaitu Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Yogyakarta. Sejarah singkatnya, pesantren modern yang didirikan oleh KH. Mufid Mas'ud, yang saat ini diteruskan oleh putranya, KH. Mu’tasimbillah. Latar belakang berdirinya pesantren ini karena adanya kesadaran bahwa perlu adanya dakwah islamiyah dan terbinanya kader mubaligh, penerus perjuangan ulama, Ahlussunnah Wal Jama’ah khususnya warga Nahdliyyin (NU) sebagai basis dasar dari Mbah Mufid dalam menghadapi tantangan zaman. Pesantren ini menyediakan program sekolah, mulai dari PAUD, RA, MI, MTs, MA, hingga jenjang perguruan tinggi, STAI Sunan Pandanaran.

Nah, terdapat gambaran perjuangan santri modern di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, dilihat dari kegiatannya yang fulltime. Mulai dari sebelum subuh hingga tenggelamnya malam. Mulai dari solat tahajud, solat fardhu, mengaji Al-Qur'an, menghafal, sekolah ekstrakurikuler, dan lain-lain. Selain itu, ada juga kegiatan diluar aktivitas sehari-hari, misalnya seminar, pelatihan-pelatihan, muhadharah, shalawat yang dapat diakses melalui live streaming di channel Youtube Hadrah Pandanaran, Pandanaran.yk dan lain-lain.

Santri modern merupakan santri luarbiasa yang mampu melakukan berbagai kegiatan baik kegiatan di asrama maupun di sekolah. Bertindak secara moral. Berpikir secara cerdas. Hingga bergerak mengubah dunia.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x